PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN METODE MOVING AVERAGES, METODE DESEASONALIZING DAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING UNTUK FORECASTING BANYAKNYA PENGUNJUNG PADA OBJEK WISATA GROJOGAN SEWU KARANGANYAR

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi Jurusan Matematika: PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN METODE MOVING AVERAGES, METODE DESEASONALIZING DAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING UNTUK FORECASTING BANYAKNYA PENGUNJUNG PADA OBJEK WISATA GROJOGAN SEWU KARANGANYAR

Gati Winarsih , 2007. Skripsi Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.

Peramalan adalah salah satu unsur yang sangat penting dalam pengambilan keputusan. Forecast sangat penting sebagai pedoman dalam pembuatan rencana. Dengan bertambahnya mobilitas penduduk sebagai wisatawan, peramalan sangat diperlukan untuk meningkatkan fasilitas pelayanan demi kenyamanan pengunjung pada objek wisata Grojogan Sewu Karanganyar. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode Moving Averages, metode Deseasonalizing dan metode Exponential Smoothing untuk forecasting banyaknya pengunjung pada objek wisata Grojogan Sewu, metode manakah yang cocok untuk forecasting banyaknya pengunjung pada objek wisata Grojogan Sewu dan berapakah forecast atau ramalan banyaknya pengunjung pada objek wisata Grojogan Sewu tahun 2007. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode Moving Averages, metode Deseasonalizing dan metode Exponential Smoothing untuk forecasting banyaknya pengunjung pada objek wisata Grojogan Sewu, untuk mengetahui metode yang cocok untuk forecasting banyaknya pengunjung pada objek wisata Grojogan Sewu dan untuk mengetahui forecast atau ramalan banyaknya pengunjung pada objek wisata Grojogan Sewu tahun 2007.

Pada penelitian ini prosedur yang digunakan adalah identifikasi masalah, perumusan masalah, observasi, analisis data dan penarikan simpulan. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data banyaknya pengunjung pada objek wisata Grojogan Sewu dari bulan Januari 2002 sampai dengan Desember 2006. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan membuat scatter diagram, setelah itu ditentukan persamaan garisnya, kemudian menghitung forecast dan menghitung forecast error.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah data jumlah pengunjung pada objek wisata Grojogan Sewu Karanganyar berpola musiman. Harga MAE metode Deseasonalizing paling kecil diantara MAE metode yang lain yaitu sebesar 10863.53. Nilai forecast pengunjung pada objek wisata Grojogan Sewu pada tahun 2007 adalah 75730 pengunjung pada kuartal 1, 98534 pengunjung pada kuartal 2, 101883 pengunjung pada kuartal 3 dan 157384 pengunjung pada kuartal 4.
Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pihak pengelola objek wisata Grojogan Sewu untuk meningkatkan sarana prasarana terutama pada kuartal 4 karena bertepatan dengan masa liburan sehingga jumlah pengunjung meningkat, hal ini dilakukan demi kenyamanan pengunjung.

Download

PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN METODE MOVING AVERAGES, METODE DESEASONALIZING DAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING UNTUK FORECASTING BANYAKNYA PENGUNJUNG PADA OBJEK WISATA GROJOGAN SEWU KARANGANYAR, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

One Comment on “PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN METODE MOVING AVERAGES, METODE DESEASONALIZING DAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING UNTUK FORECASTING BANYAKNYA PENGUNJUNG PADA OBJEK WISATA GROJOGAN SEWU KARANGANYAR”

  • kyudesy
    19 October, 2011, 18:05

    kok ga bisa di donlod???

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets