Perbedaan metode mengajar servis bawah terhadap keberhasilan servis bawah siswi kelas X SMK N I Salam tahun 2006/2007.

This item was filled under [ Olahraga ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (29 votes cast)

skripsi PJKR: “ Perbedaan metode mengajar servis bawah terhadap keberhasilan servis bawah siswi kelas X SMK N I Salam tahun 2006/2007.”

Bibit.w. . 2006. skripsi PJKR, Fakultas ilmu keolahragaan, Universitas Negeri Semarang.

Karena dalam pembelajaran pendidikan jasmani dengan sub kopetensi servis bawah bola voli banyak siswa putri yang kesulitan/tidak mampu melakukan servis bawah bola voli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan keberhasilan antara metode konvensional yang telah biasa digunakan dengan metode lemparan bawah dalam mengajar servis bawah bola voli pada siswi kelas X SMK N I Salam tahun 2006/2007.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pola M-S sedang pengolahan datanya menggunakan perhitungan statistik t-tes rumus pendek dengan taraf signifikan 20%,sedang derajat kebebasan 17, populasi yang digunakan siswi kelas X SMK N I Salam berjumlah 72 anak. Dari jumlah tersebut diambil sampel 50% secara acak/random. Kemudian sampel dikelompokan berdasarkan tes awal dengan menggunakan Matching dengan rumus ABBA,setelah terbentuk dua kelompok selanjutnya kelompok eksperimen 1 diberikan pembelajaran servis bawah dengan metode lemparan bawah sedang kelompok eksperimen 2 dengan metode konvensional selama dua kali pertemuan.
Dalam pelaksanaan tes awal diperoleh mean dari kelompok eksperimen satu 6,00 sedang mean dari kelompok eksperimen dua 6,05. Hasil tes akhir mean kelompok eksperimen satu 7,50 kelompok eksperimen dua/kelompok kontrol 6,77. Dari perhitungan statistik didapat t hitung sebesar 1,674 sedang t tabel 1,333 ini berarti t hitung lebih besar dari t tabel. Hal ini terbukti bahwa metode lemparan bawah lebih baik dibanding dengan metode konvensional untuk mengajar servis bawah bola voli siswi kelas X pada SMK N I Salam tahun 2006/2007.
Berdasarkan penelitian ini, metode lemparan bawah, dapat dijadikan satu metode baru untuk mengajar servis bawah bola voli pada siswa putri. Di sarankan pada para guru pendidikan jasmani apabila dalam mengajar servis bawah bola voli pada siswa putri mengalami kesulitan, agar menggunakan metode lemparan bawah.

Download

Perbedaan metode mengajar servis bawah terhadap keberhasilan servis bawah siswi kelas X SMK N I Salam tahun 2006/2007., 4.9 out of 5 based on 29 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets