Perilaku Mahasiswa Dari Keluarga Miskin Di Kampus

This item was filled under [ Pendidikan Luar Sekolah ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.7/5 (127 votes cast)

Skripsi Pendidikan Luar Sekolah : Perilaku Mahasiswa Dari Keluarga Miskin Di Kampus

Moh Riyadi. 2005. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Penelitian yang dilakukan ini mengambil tema tentang masalah sosial, yang dibatasi dalam ruang lingkup kampus Universitas Negeri Semarang kampus Sekaran Gunung Pati. Kemiskinan adalah fakta sosial yang akan selalu ada. Walaupun batasan kemiskinan relatif dan selalu berkembang sesuai dengan kondisi masyarakat, bangsa atau daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perilaku mahasiswa dari keluarga miskin dalam pemenuhan kebutuhan dan pada saat interaksi di kampus.

Untuk lokasi penelitian ini sengaja mengambil tempat di kampus Universitas Negeri Semarang (UNNES) kampus Sekaran Gunung Pati. Subyek yang menjadi penelitian ini adalah sebagian mahasiswa dari keluarga miskin yang berada di beberapa fakultas di kampus UNNES yang dipilih berdasar pada kriteria yang telah ditentukan. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Metode yang digunakan yang pertama adalah dengan wawancara. Selain itu, metode observasi dan dokumentasi menjadi pilihan selanjutnya dalam melengkapi metode penelitian ini.

Hasil temuan dilapangan menyebutkan bahwa mahasiswa dari keluarga miskin ternyata menggantungkan uang kiriman dari orang tua dan ada yang tidak menggantungkan pada orang tua. Untuk menutupi kekurangan keuangan mahasiswa dari keluarga miskin sebagian bekerja dan ada pula yang mengandalkan beasiswa serta kiriman dari saudara. Mereka mengatur keuangan sesuai dengan skala prioritas yang diperlukan. Mahasiswa miskin melakukan komunikasi dengan mahasiswa lain sehingga mereka diterima di kampus. Untuk memenuhi kebutuhan pendidikan mereka membagi waktu senggang agar bermanfaat, memupuk kepercayaan diri, aktualisasi diri, aktif menjawab saat ada pertanyaan, menghemat biaya sesuai dengan skala prioritas dan memperhatikan pendidikan untuk jaminan di hari tua,. Dalam hal pemenuhan kebutuhan belajar mereka melakukan tugas kuliah dengan profesional, meningkatkan pelatihan untuk pengambangan diri, berolahraga untuk memelihara kesegaran jasmani, mengikuti kegiatan agama di kampus untuk meningkatkan pemehaman perluasan wawasan keagamaan, bekerja untuk menutupi kekurangan di sela-sela kuliah, belajar dengan giat dan beberapa aktifitas lainnya. Mereka juga belajar secara efektif, berkomunikasi dengan mahasiswa lainnya.

Download

Perilaku Mahasiswa Dari Keluarga Miskin Di Kampus, 4.7 out of 5 based on 127 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets