Perilaku Suami Yang Ditinggal Merantau Oleh Para Istri Kaitannya Dengan Kesejahteraan Keluarga (Studi Kasus diDesa Krengseng Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang)

This item was filled under [ hukum dan kwarganegaraan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan Hukum dan Kwarganegaraan: Perilaku Suami Yang Ditinggal Merantau Oleh Para Istri Kaitannya Dengan Kesejahteraan Keluarga (Studi Kasus diDesa Krengseng Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang)

Budiati, Rina, 2005. Skripsi Hukum dan Kwarganegaraan, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Program pembangunan Indonesia harus bertumpu pada kualitas sumber daya manusia yang perlu ditingkatkan terus menerus termasuk didalamnya yaitu peningkatan derajat kesejahteraan. Dengan adanya usaha tersebut maka secara otomatis akan menekan tingkat pengangguran yang nantinya juga akan meningkatkan kesejahteraan. Sebagai wujud konkrit usaha yang telah dilakukan oleh pemerintah untuk mewujudkan tingkat kesejahteraan penduduk yaitu dengan diberlakukannya Undang-undang penempatan dan perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan Tenaga Kerja Wanita (TKW). Dengan diberlakukannya Undang-undang tersebut maka tidak ada lagi kekhawatiran bagi penduduk Indonesia yang ingin bekerja baik sebagai TKI maupun sebagai TKW diluar negeri.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah alasan para istri merantau meninggalkan suaminya, (2) Bagaimana perilaku para suami yang ditinggal merantau oleh para istri, (3) Faktor-faktor apa saja yang ikut mempengaruhi perilaku para suami tersebut, (4) Apakah dampak perilaku yang ditunjukkan oleh para suami tersebut terhadap perkembangan anak-anak mereka dan terhadap lingkungan masyarakat sekitar

Fokus dalam penelitian ini adalah Bagaimana perilaku para suami yang ditinggal merantau oleh para istri kaitannya dengan kesejahteraan keluarga”. Hal ini dengan melihat dari berbagai sudut pandang, nilai dari sebab-sebab yang melatar belakangi perilaku tersebut, akibat/dampak sosial yang ditimbulkan dan pandangan masyarakat terhadap perilaku para suami yang ditinggal merantau oleh para istrinya. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode: (1) Wawancara (2) Observasi, (3) Studi Kepustakaan, (4) Studi Dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian ini adalah alasan istri merantau, yaitu karena faktor kemiskinan, ingin membantu menambah penghasilan suami sebagai buruh tani yang selama ini belum bisa mencukupi kebutuhan keluarga, ingin meningkatkan taraf hidup yang lebih baik, kurang tersedianya lapangan pekerjaan alternatif selain sebagai petani di Desa, tidak memiliki lahan pertanian sendiri dan yang terakhir yaitu adanya sifat ingin menuju kepada yang lebih baik seperti keberhasilan yang diperoleh keluarga lain yang istrinya bekerja sebagai TKW. Perubahan perilaku suami yang mencolok mengundang perhatian dan anggapan miring dari masyarakat sekitar. Hal itu terjadi disebabkan karena tidak terpenuhinya salah satu kebutuhan penting yaitu kebutuhan rohani seorang suami 9terhadap seorang istri. Jika hal tersebut dibiarkan berangsur angsur lama maka akan membawa dampak buruk bagi perkembangan anak.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa faktor kemiskinan dan keinginan untuk meningkatkan taraf hidup keluarga kepada yang lebih baik yang menjadikan istri merantau. Dengan perginya istri tentunya akan membawa perubahan pada pola kehidupan keluarga khusunya bagi suami, dari segi ekonomi delapan puluh persen dapat dikatakan telah mengalami peningkatan yang cukup baik, tetapi disegi emosional telah membawa perubahan yang tidak wajar pada diri suami, misalnya melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak selayaknya dilakukan oleh seorang ayah. Jika hal tersebut dibiarkan terus menerus dan tanpa perhatian khusus baik dari orang tua maupun dari tokoh masyarakat maka akan membawa dampak buruk baik bagi perkembangan anak maupun terhadap kelangsungan hubungan suami istri tersebut dan akan membawa dampak terhadap masyarakat sekitar.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para mahasiswa maupun dosen, bagi aparat desa Krengseng, warga Desa Krengseng, dan yang lebih penting bagi keluarga TKW sendiri . Para mahasiswa dapat mencermati alasan istri merantau, perilaku suami yang ditinggal merantau oleh istri , faktor-faktor yang menyebabkan perilaku suami yang ditinggal merantau oleh istri dan dampak dari perilaku tersebut. Demikian juga dengan para dosen bahwa dalam rangka meningkatkan prestasi mahasiswanya diharapkan dapat memberikan motivasi pada awal maupun akhir kuliahnya.

Saran yang akan disampaikan oleh penulis berkaitan dengan penelitian ini yaitu yang pertama bagi kalangan akademis khususnya bidang sosial agar lebih mengintensifkan penelitian ilmiahnya pada masalah yang terjadi didalam masyarakat seperti kasus perceraian di desa Krengseng yang dilatar belakangi oleh pekerjaan istri sebagai TKW, kemudian saran yang kedua ditujukan kepada aparatur desa agar bisa bertindak lebih bijaksana dalam menangani masalah pelanggaran norma yang dilakukan oleh suami akibat ditinggal istri merantau, saran yang ketiga ditujukan kepada masyarakat sekitar agar lebih berlaku bijak dan tidak memandang sebelah mata atas permasalahan yang sedang dihadapi oleh suami yang ditinggal merantau istri, misalnya dengan menghilangkan prasangka-prasangka buruk terhadap suami yang ditinggal merantau oleh istri. Dan yang terakhir saran ditujukan kepada keluarga TKW, yaitu agar mereka memegang komitmen yang telah mereka sepakati bersama, tentunya dengan tetap menghormati norma-norma yang ada dan menjalankan kewajiban masing-masing anggota keluarga dengan baik

Download

Perilaku Suami Yang Ditinggal Merantau Oleh Para Istri Kaitannya Dengan Kesejahteraan Keluarga (Studi Kasus diDesa Krengseng Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang), 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets