Perkawinan Campur dalam Novel Rojak Karya Fira Basuki.

This item was filled under [ bahasa dan seni ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan bahasa dan sastra indonesia: Perkawinan Campur dalam Novel Rojak Karya Fira Basuki.

Dessy Karini, Ajeng. 2007. Skripsi bahasa dan sastra indonesia, Fakultas bahasa dan seni, Universitas Negeri Semarang.

Novel karya Fira Basuki yang berjudul Rojak merupakan karya sastra yang menceritakan tentang kehidupan penikahan pasangan kawin campur. Berawal dari kejadian-kejadian yang terjadi di masyarakat pada masa sekarang, lewat karya sastranya ini, pengarang ingin mengungkapkan suatu realitas sosial yang terjadi di masyarakat. Berdasarkan hal inilah, peneliti tertarik untuk mengkajinya lebih lanjut.
Bertolak dari latar belakang di atas masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Keuntungan dan kerugian kehidupan perkawinan campur bagi tokoh utama dalam novel Rojak karya Fira Basuki, (2) hubungan kehidupan perkawinan campur dalam novel Rojak karya Fira Basuki dengan realitas kehidupan masyarakat pada masa sekarang. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keuntungan dan kerugian kehidupan perkawinan campur yang terdapat dalam novel Rojak karya Fira Basuki dan mendeskripsikan hubungan kehidupan perkawinan campur dalam novel Rojak karya Fira Basuki dengan realitas kehidupan masyarakat pada masa sekarang.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi sastra dari Ian Watt. Sasaran dalam penelitian ini adalah gambaran kehidupan perkawinan campur dalam novel Rojak karya Fira Basuki yang mencerminkan realitas yang terjadi pada masyarakat sekarang. Sumber data penelitian ini adalah novel Rojak karya Fira basuki yang diterbitkan oleh PT Gramedia Widiasarana Indonesia, pada tahun 2004. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan permasalahan-permasalahan yang ada dalam teks karya sastra tersebut.
Hasil penelitian ini menunjukkan keuntungan perkawinan campur adalah a) Terjadi perpaduan budaya yang bisa menciptakan kebudayaan baru, b) Pengetahuan budaya semakin beragam, c) Penguasaan bahasa lebih beragam. Adapun kerugian adalah semua konflik yang tidak bisa diatasi. Konflik-konflik itu adalah a) Konflik Suami-Istri, b) Konflik Budaya. Meliputi bahasa dan makanan, c) Konflik mertua-Pembantu. Hubungan novel Rojak dengan kehidupan perkawinan pada masa sekarang berkaitan sangat erat. Pengarang benar-benar mengambil ide cerita dari peristiwa yang terjadi di sekitarnya, mengenai perkawinan campur.
Berdasarkan temuan tersebut, diharapkan bisa membantu para pembaca untuk mengetahui bagaimana kehidupan perkawinan campur pada umumnya dan pada para pasangan yang akan menjalani kehidupan perkawinan campur pada khususnya. Terakhir diharapkan kepada para peneliti agar ada penelitian lanjutan dari penelitian ini dengan aspek kajian yang berbeda.

Download

Perkawinan Campur dalam Novel Rojak Karya Fira Basuki., 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets