Perkembangan Organisasi Muhammadiyah Dalam Perebutan Pengaruh Di Pantai Utara Jawa Tahun 1960-2000 (Studi Kasus Di Kabupaten Rembang).

This item was filled under [ sejarah ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (114 votes cast)

skripsi jurusan sejarah: Perkembangan Organisasi Muhammadiyah Dalam Perebutan Pengaruh Di Pantai Utara Jawa Tahun 1960-2000 (Studi Kasus Di Kabupaten Rembang).

Setyawan H, Handhy. 2006. Skripsi sejarah, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Perkembangan Muhammadiyah di Pantai Utara Jawa, khususnya Kabupaten Rembang pada dasarnya memiliki kecendrungan berbeda dengan perkembangan Muhammadiyah di daerah yang notabene bersifat agraris. Konflik yang mempertemukan Muhammadiyah dengan masyarakat setempat yang lebih beroreintasi tradisi lokal atau lebih berupa tumpang tindih dalam pemahaman agama (Islam) mereka, merupakan sebuah fenomena tersendiri.

Berdasarkan hal tersebut, permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) bagaimana perkembangan Muhammadiyah di Kabupaten Rembang tahun 1960-2000, (2) bagaimana peran elit dan organisasi Muhammadiyah dalam perebutan pengaruh dalam masyarakat, dan (3) bagaimana upaya yang dilakukan Muhammadiyah dalam perebutan pengaruh massa di Kabupaten Rembang.
Penelitian ini menggunakan metode sejarah, dengan menggunakan pendekatan sosilogi dan antropologi. Hal tersebut meliputi heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan studi pustaka. Kemudian, data dipilah dan dianalisa untuk disajikan.
Hasil analisis yang diperoleh dari penelitian ini adalah fenomena yang berbeda yang dihadapi oleh Muhammadiyah dalam perekembangannya di Kabupeten Rembang, apabila dibandingkan dengan pergulatan Muhammadiyah dalam daerah yang notabene agraris. Kultur masyarakat pesisir utara Jawa yang adaftif dengan tradisi lokal, apalagi sifat deterministik masyarakat cenderung brsifat samar ketika dibandingkan kultur masyarakat yang notabene agraris.banyak ditemui kehidupan yang tumapang tindih antara pemahaman Islam dengan budaya lokal, atau lebih tepatnya, berupa dominasi ajaran Islam dalam pelaksanaan tradisi lokal seperti sedekah bumi, nyadran dan sedekah laut.
Terpusatnya kegiatan Muhammadiyah hanya lingkup perkotaaan dan pendekatan puritanisasi yang kaku, telah menjadi faktor lambatnya perkembangan Muhammadiyah di Rembang. Pendekatan kultur atau budaya yang diagendakan Muhammadiyah secara Nasional, baru masuk tahap wacana, sebab fenomena tarik ulur pendekatan kontekstual dan tekstual dalam tubuh Muhammadiyah merupakan faktor yang cukup dominan, sehingga pergulatan tersebut cukup mempengaruhidan melahirkan pendekatan dakwah Muhammadiyah yang cenderung berbeda, termasuk di Kabupaten Rembang yang lebih dominan pendekatan tekstual yang kaku.
Posisi elit Muhammadiyah dalam jajaran pemerintah daerah, pada dasarnya telah menjadi starting point perekembangan organisasi Muhammadiyah di Rembang. Sebab, pendekatan menggunakan amal usaha, baik berupa media pendidikan, kesehatan dan sosial terbentur beberapa faktor, terutama masalah ekonomi yang seringnya di balut dengan pemahaman agama cenderung kurang representatif dalam masyarakat muslim Rembang, apalagi realitanya telah terpolarisasi dalam organisasi tradisional dan kalangan Islam nominal. Terlebih, kemapanan ekonomi dan pendidikan yang merupakan faktor pendukung kemajuan masyarakat, merupakan fenomena yang sulit di temukan di Kabupaten Rembang.
Pada akhirnya, kesimpulan yang dapat diambil adalah, perkembangan Muhammadiyah pada awal berdirinya lebih merupakan sebuah proses pelembagan dari organisasi sekaligus warga Muhammadiyah. Peran yang diaktualisasikan oleh elit Muhammadiyah Rembang dalam perjalanannya lebih berpengaruh pada masyarakat ketika sebagian elit Muhammadiyah duduk di jajaran pemerintah Kabupaten Rembang, apalagi didukung kegiatan amal usaha, meskipun masih bersifat kuantitas sosial kemasyarakatan.

Download

Perkembangan Organisasi Muhammadiyah Dalam Perebutan Pengaruh Di Pantai Utara Jawa Tahun 1960-2000 (Studi Kasus Di Kabupaten Rembang)., 4.8 out of 5 based on 114 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets