PERMAINAN EDUKATIF DALAM PERKEMBANGAN LOGIC-SMART ANAK

This item was filled under [ Pendidikan Luar Sekolah ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi Jurusan PGTK: PERMAINAN EDUKATIF DALAM PERKEMBANGAN LOGIC-SMART ANAK

RINI MULYANI . 2006. Skripsi Jurusan PGTK,FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2006

Bermain merupakan cermin perkembangan anak karena melalui bermain anak belajar mengendalikan diri sendiri dan diharapkan anak dapat melakukan berbagai kegiatan yang merangsang dan mendorong kepribadian anak baik yang mencakup aspek keterampilan/psikomotor, kecerdasan bahasa, emosi maupun sosial. Dalam hal ini mainan sangat berperan penting baik dalam tumbuh kembang anak yaitu dalam melatih ketelitian dan ketekunan anak dalam belajar serta pengembangan kecerdasan logic smart anak.

Bronfen Brenner menyatakan bahwa setiap manusia mempunyai bakat cara belajar kemampuan kognitif yang berbeda-beda dan kemampuan masing-masing individu tergantung pada latar belakang sosial budaya dimana mereka dibesarkan. Gardner menyatakan bahwa logic smart adalah kecerdasan dalam hal angka dan logika dan biasanya kecerdasan ini merupakan kecerdasan ilmuwan, akuntan programmer komputer, ahli matematik dan saintis. Logic smart merupakan salah satu dari kecerdasan majemuk yang dibagi oleh Gardner.
Penulisan tugas akhir ini menggunakan pendekatan deskriptif yaitu pembahasan tentang permainan edukatif dan ciri-cirinya, cara mengembangkan Logic Smart, alat permainan yang penuh strategi dan eksperimen dan hal yang perlu diperhatikan dalam memilih dan menggunakan alat / bahan mainan.
Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka. Studi pustaka tersebut bersumber dari pustaka, buku, dokumen dan lain-lain. Bahan pustaka berupa referensi yang disalin di perpustakaan dan buku-buku tentang mainan edukatif dan Logic Smart.
Pembahasan dalam Tugas akhir ini adalah tentang permainan edukatif dalam perkembangan logic smart anak. Mainan yang sering digunakan untuk mengembangkan logic smart anak adalah dengan menyelesaikan puzzle, mengenal bentuk geometri, mengenalkan bilangan melalui lagu dan sajak berirama, eksplorasi pikiran melalui diskusi, olah pikir ringan dengan obrolan ringan, bermain menyusun pola, eksperimen di alam, berinteraksi dengan konsep matematika, dan bermain dengan permainan yang penuh strategi dan bereksperimen.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa sebagai guru dan orang tua sangat berperan penting dalam pemilihan permainan edukatif guna mengembangkan logic smart anak.
Dari uraian dan simpulan di atas dapat disarankan pada orang tua dan guru agar selalu memperhatikan tingkat kecerdasan dan karakteristik anak, dalam memilih alat permainan tidak membahayakan bagi anak, bagi guru harus mengatur alat permainan agar supaya anak tidak bosan serta bagi orang tua dan guru harus dapat memilih alat permainan yang dapat meningkatkan logic smart anak.

Download

PERMAINAN EDUKATIF DALAM PERKEMBANGAN LOGIC-SMART ANAK , 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets