PERSEPSI GURU MATEMATIKA TERHADAP PELAKSANAAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) MATA PELAJARAN MATEMATIKA

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (48 votes cast)

Skripsi Matekatika : PERSEPSI GURU MATEMATIKA TERHADAP PELAKSANAAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) MATA PELAJARAN MATEMATIKA(DI SMA NEGERI 1 MAKASSAR).


WAHYUDIN
JURUSAN MATEMATIKA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR


ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif yang meneliti satu variabel tanpa membandingkan dengan variabel yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi guru matematika terhadap pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) mata pelajaran matematika di SMA Negeri 1 Makassar. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah seluruh guru mata pelajaran matematika SMA Negeri 1 Makassar yang mengajar di kelas X dan Kelas XI sebanyak 5 orang. Untuk memperoleh data tentang persepsi guru matematika terhadap pelaksanaan KBK mata pelajaran matematika di SMA Negeri 1 Makassar maka digunakan angket (kuesioner).

Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis kuatitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru matematika terhadap pelaksanaan KBK mata pelajaran matematika di SMA Negeri 1 Makassar berada pada kategori baik. Dari hasil wawancara dengan guru matematika menyatakan bahwa faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan KBK mata pelajaran matematika di SMA Negeri 1 Makassar adalah; (1) siswa memiliki buku pegangan yang sesuai dengan tuntutan KBK, dan penggunaan strategi pembelajaran yang bervariasi, (2) siswa mempunyai kesadaran tinggi untuk proaktif serta lebih antusias dalam proses belajar, (3) laboratorium komputer dan OHP yang sudah tersedia, (4) siswa dituntut untuk belajar mandiri, dan (5) penilaian per-kompetensi dasar yang memudahkan guru dalam menentukan ketuntasan belajar siswa, pelaksanaan program remedial serta penilaian dari beberapa aspek. Hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru matematika dalam pelaksanaan KBK mata pelajaran matematika adalah; (1) penjabaran materi pelajaran dan uji kelayakan membutuhkan waktu dan biaya yang cukup, tidak semua guru yang mengajar pernah mengikuti pelatihan atau seminar tentang KBK, (2) buku paket dan modul yang masih sedikit jumlahnya, (3) sebagian siswa yang kurang memiliki kesadaran untuk mempergunakan waktu di luar sekolah, (4) sebagian siswa cenderung hanya mengikuti pekerjaan atau tugas temannya, siswa kurang mampu mengembangkan dan mengaplikasikan pengetahuan yang dimilikinya, dan (5) jumlah siswa yang banyak dalam satu kelas.

Untuk mendownload silakan klik link di bawah ini

Download di sini

PERSEPSI GURU MATEMATIKA TERHADAP PELAKSANAAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) MATA PELAJARAN MATEMATIKA, 4.9 out of 5 based on 48 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets