Persepsi Siswa SMP Negeri di Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen Terhadap SMK Kelompok Teknologi dan Industri Bidang Keahlian Teknik Bangunan

This item was filled under [ Teknik Sipil ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan teknik sipil: Persepsi Siswa SMP Negeri di Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen Terhadap SMK Kelompok Teknologi dan Industri Bidang Keahlian Teknik Bangunan

Aries Gunanto. 2005. Skripsi teknik sipil, Fakultas teknik, Universitas Negeri Semarang.

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) pada saat ini menuntut para generasi bangsa untuk mencari bekal ilmu dan teknologi yang tinggi. SMK Kelompok Teknologi dan Industri Bidang Keahlian Teknik Bangunan merupakan salah satu SMK Kelompok Teknologi dan Industri yang dimaksudkan untuk mengatasi masalah-masalah ketenagakerjaan dan masalah-masalah dalam pembangunan bidang konstruksi. Namun dilihat dari jumlah tamatan SMP yang memilih melanjutkan pendidikan ke SMK Kelompok Teknologi dan Industri Bidang Keahlian Teknik Bangunan semakin rendah atau bahkan tidak ada yang berminat.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah adakah perbedaan persepsi siswa SMP Negeri di Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen terhadap SMK Kelompok Teknologi dan Industri Bidang Keahlian Teknik Bangunan ditinjau dari pendapatan keluarga, dari tingkat pendidikan orang tua dan ditinjau dari pendapatan keluarga dan tingkat pendidikan orang tua.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SMP Negeri di kecamatan Gemolong kabupaten Sragen yang berjumlah 481 siswa. Sampel yang diambil sebesar 10%, yaitu 50 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode Kuesioner. Teknik analisa data yang digunakanadalah analisa varian dua jalur dengan menggunakan program SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan persepsi siswa SMP terhadap SMK Kelompok Teknologi dan Industri Bidang Keahlian Teknik Bangunan ditinjau dari tingkat pendidikan orang tua. Hal ini ditunjukkan bahwa nilai Fhitung sebesar 1.364 dengan probabilitas 0.26 > 0.05, yang berarti bahwa siswa yang berasal dari tingkat pendidikan orang tua yang tinggi, menengah maupun rendah mempunyai persepsi terhadap SMK Kelompok Teknologi dan Industri Bidang Keahlian Teknik Bangunan yang relatif sama. Sedangkan ditinjau dari tingkat pendapatan orang tua menunjukan bahwa ada perbedaan persepsi siswa SMP terhadap SMK Kelompok Teknologi dan Industri Bidang Keahlian Teknik Bangunan. Hal ini ditunjukkan bahwa Fhitung sebesar 15.612 dengan probabilitas 0.000 < 0.05, yang berarti bahwa siswa yang berasal dari tingkat pendapatan orang tua yang tinggi, menengah maupun rendah mempunyai persepsi terhadap SMK Kelompok Teknologi dan Industri Bidang Keahlian Teknik Bangunan yang relatif berbeda. Ditinjau dari tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan orang tua menunjukkan bahwa persepsi siswa SMP terhadap SMK Kelompok Teknologi dan Industri Bidang Keahlian Teknik Bangunan tidak ada perbedaan. Hal ini ditunjukkan bahwa Fhitung sebesar 0.742 dengan probabilitas 0.533 < 0.05. Simpulan dari hasil penelitian adalah bahwa ditinjau dari tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan orang tua secara bersama-sama tidak ada perbedaan persepsi siswa SMP terhadap SMK Kelompok Teknologi dan Industri Bidang Keahlian Teknik Bangunan. Secara parsial, ditinjau dari tingkat pendidikan orang tua tidak ada perbedaan persepsi siswa SMP terhadap SMK Kelompok Teknologi dan Industri Bidang Keahlian Teknik Bangunan. Sedangkan ditinjau dari tingkat pendapatan orang tua ada perbedaan persepsi siswa SMP terhadap SMK Kelompok Teknologi dan Industri Bidang Keahlian Teknik Bangunan. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka saran yang dapat disampaikan adalah untuk pihak SMK Kelompok Teknologi dan Industri Bidang Keahlian Teknik Bangunan meningkatkan kualitas lulusannya dengan memperbaiki proses pembelajaran di sekolah, hubungan kerja sama dengan pihak dunia industri serta meningkatkan fasilitas yang digunakan. Dan untuk penelitian selanjutnya yang serupa lebih memperbanyak populasi penelitian dengan membandingkan persepsi siswa SMP terhadap SMU atau SMK Bidang Keahlian lainnya.

Download

Persepsi Siswa SMP Negeri di Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen Terhadap SMK Kelompok Teknologi dan Industri Bidang Keahlian Teknik Bangunan, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets