Peta Perubahan Penggunaan Lahan Untuk Pemukiman Di Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora Tahun 1999-2004

This item was filled under [ geografi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

Skripsi Jurusan Geografi: Peta Perubahan Penggunaan Lahan Untuk Pemukiman Di Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora Tahun 1999-2004

Mahendra Tri A. 2007. Skripsi Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang.

Di daerah penelitian (Kec. Ngawen Kab. Blora) yang rata-rata setiap tahunpengunaan lahan untuk pemukiman meningkat, hal ini menunjukan bahwatingginya kebutuhan penduduk akan lahan di Kecamatan Ngawen KabupatenBlora selaras dengan lajunya pertumbuhan penduduknya. Maka permukimantersebut dari tahun ke tahun mengalami perubahan. Hal ini perlu diperhatikanmengingat lahan lahan di dunia ini tidak semakin bertambah tapi akan semakinberkurang dan perlunya tindakan pelestarian untuk penggunaan lahan pada masamendatang dan perlunya data spasial Peta Perubahan Penggunaan Lahan UntukPermukiman, guna mengawasi perubahan penggunaan lahan di Kec. NgawenKab. Blora dimana pada setiap tahun mengalami perubahan

Pembuatan Tugas Akhir ini dibuat memiliki tujuan agar dapat memberikanpengembangan ilmu penetahuan, khususnya pemetaan pengguaan lahan dan dapatmemberikan sumbangan informasi bagi pemerintah Kabupten Blora. Penulismemfokuskan obyek penelitian mengenai Perubahan Penggunaan Lahan UntukPemukiman di Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora tahun 1999 dan tahun2004.Untuk Analisis data peneliti memakai metode overlay, yaitu sistempenanganan data dalam perubahan penggunaan lahan permukiman dengan caradigitasi yaitu dengan cara menggabungkan peta-peta seperti peta penggunaanlahan tahun 1999 dengan peta penggunaan lahan tahun 2004 yang memuatinformasi yang disyratkan untuk suatu program penggunaan lahan menggunakanprogram SIG Arc Viw 3.3.
Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan teknologi yang dapat diandalkan untuk melakukan pengukuran, pemetaan, pemantuan, pembuatan modelpengelolaan suatu wilayah geografis secara cepat, akurat, dan efektif sehinggamengatisipasi cepatnya perubahan yang terjadi. Dari kelebihan Sistem InformasiGeografi diatas, maka dapat diterapkan atau di gunakan dalam pemetan perubahanpenggunaan lahan permukiman, Sebab laju pertumbuhan penduduk, sosial,ekonomi serta minat masyarakat akan lahan untuk infestasi memaksa suatu lahanberubah atau beralih fungsi menjadi permukiman atau fasilitas lainnya. Arti dariPerubahan penggunaan lahan pemukiman sendiri adalah perubahan area sawah,tegalan, hutan, menjadi area permukiman.Pemetaan perubahan penggunaan lahanuntuk pemukiman dilakukan dengan menggunakan teknologi Sistem InformasiGeografis (SIG). Secara urut proses pemetaan perubahan penggunaan lahanpemukiman dapat diawali dimelalui, scen peta, olah data menggunakan softwareArcViw 3.3, digitasi, poligon, konversi polyline, line, overlay, memasukan database, layout dan pencetakan peta.
Hasil dari penelitian ini adalah Peta Perubahan Penggunaan Lahan UntukPemukiman Di Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora Tahun 1999-2004. Petatersebut digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan daerah, khususnya padaKecamatan Ngawen. Dari penelitian dapat dijelaskan bahwa luas permukimanKec. Ngawen dari periode tahun 1999 sampai 2004 mengalami perluasan sebesar348,53 ha atau 3,49 %, untuk area sawah mengalami penurunan sebesar 128.53 haatau 1,29 %. Wilayah pemukiman paling tinggi ialah Kel. Ngawen sebesar 64,93ha atau 0,65%, dan perluasan paling rendah ialah Kel. Wantelgong 9,81 ha atau0,10%. area persawahan yang mengalami penyempitan paling tinggi adalah Kel.Karangjong sebesar 33,49 ha atau 0,33%, dan penyepitan yang paling rendahadalah Kelurahan Pinggursugih sebesar 1,55 ha atau 0.02%. Dari 29 Desa atauKelurahan di Kec. Ngawen yang mengalami perubahan ada 9 desa diantaranyaKel. Ngawen,Kel. Wantelgong, Kel. Sarimulyo, Kel. Semawor, Kel. Gotputok,Kel. Sigading, Kel. Karangjong, Kel Punggursugih, dan Kel. Trembulrejo.

Download

Peta Perubahan Penggunaan Lahan Untuk Pemukiman Di Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora Tahun 1999-2004, 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets