Pilihan Bahasa dalam Iklan Televisi

This item was filled under [ Pendidikan Bahasa Indonesia ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (29 votes cast)

skripsi jurusan PBSI: Pilihan Bahasa dalam Iklan Televisi

Susilo, Wahyu Hastho. 2007. Skripsi PBSI, Fakultas bahasa dan seni, Universitas Negeri Semarang.

Iklan televisi dapat dikaji dari sudut pandang studi bahasa karena pada dasarnya, iklan televisi menggunakan bahasa sebagai sarana penyampai pesan kepada konsumen. Artinya, terdapat penggunaan bahasa dalam sebuah paket iklan televisi. Penggunaan tuturan dalam iklan televisi dapat dikaji dalam penelitian studi kebahasaan. Studi kebahasaan yang dimaksud yaitu sosiolinguistik. Sosiolinguistik adalah sebuah bidang kajian pada disiplin ilmu bahasa yang salah satu tugasnya mempelajari pengaruh lingkungan sosial terhadap bentuk pilihan bahasa pada masyarakat yang bersangkutan.
Masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimanakah wujud pilihan bahasa pada peristiwa tutur dalam iklan televisi ?,(2) faktor-faktor apa yang menentukan terjadinya pilihan bahasa pada peristiwa tutur dalam iklan televisi? Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsi wujud pilihan bahasa pada peristiwa tutur dalam iklan televisi, (2) mengetahui faktor-faktor yang menentukan terjadinya pilihan bahasa pada peristiwa tutur dalam iklan televisi.

Data penelitian ini berupa tuturan bintang iklan televisi yang terdapat pada 100 buah iklan televisi yang telah dipilih secara acak dan telah ditranskrip dalam bentuk teks tertulis. Sumber data penelitian ini adalah iklan televisi yang ditayangkan di stasiun Televisi Swasta Nasional di Indonesia dalam kurun waktu tahun 2006, yang telah dipilih dengan pertimbangan bahwa iklan-iklan
tersebut telah memuat data-data yang diperlukan oleh penulis. Pengumpulan data dilakukan melalui metode simak dengan teknik sadap. Teknik analisis data dilakukan melalui dua prosedur yaitu analisis selama proses pengumpulan data dan analisis setelah proses pengumpulan data. Hasil analisis data yang berupa temuan penelitian disajikan menggunakan metode formal dan metode informal.
Wujud pilihan bahasa dalam iklan televisi terdiri atas tunggal bahasa, alih kode, dan campur kode. Tunggal bahasa berupa bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, serta terdapat adanya ragam yaitu ragam usaha atau konsultatif dan ragam santai atau kasual. Wujud alih kode pada peristiwa tutur dalam iklan televisi yaitu berupa kalimat. Wujud Campur kode pada peristiwa tutur dalam iklan televisi dapat berupa kata dan frasa. Pilihan bahasa pada peristiwa tutur dalam iklan televisi dipengaruhi oleh beberapa faktor sosial. Faktor-faktor tersebut yaitu; (1) situasi tutur, (2) penutur, (3) tujuan tindak tutur, (4) produk yang diiklankan, dan (5) bintang iklan
Para insan periklanan diharapkan agar memperhatikan pilihan bahasa yang digunakan dalam situasi atau konteks iklan tersebut agar lebih menarik dan dapat dinikmati oleh konsumen. Masyarakat sebagai konsumen agar lebih selektif dalam memilih produk barang dan tidak hanya tergiur pada iklan yang ada. Di samping itu, para peneliti dan pemerhati bahasa diharapkan dapat memanfaatkan hasil penelitian ini untuk melakukan penelitian lanjutan.

Download

Pilihan Bahasa dalam Iklan Televisi, 4.9 out of 5 based on 29 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

2 Comments on “Pilihan Bahasa dalam Iklan Televisi”

  • wibowo
    22 December, 2012, 0:31

    skripsi mu katnya bisa di download gratis ,,,,,,,,,,,,,tapi knapa di jual.

  • wahyu
    1 October, 2013, 3:04

    @wibowo : saya selaku penulis skripsi trsebut merasa tdk prnah mmperjual belikan hasil tulisan saya…….ini jg sya baru tahu setelah sya iseng2 ngetik nama saya di mbah google.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets