Pola Penyebaran Taman Kota dan Peranannya terhadap Ekologi di Kota Jepara

This item was filled under [ Teknik Sipil ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan teknik sipil: Pola Penyebaran Taman Kota dan Peranannya terhadap Ekologi di Kota Jepara

Junaidy Abdillah. 2005. Skripsi teknik sipil, Fakultas teknik, Universitas Negeri Semarang.

Kota Jepara merupakan bagian dari kecamatan di Kabupaten Jepara yang berkembang pesat. Dengan perkembangan ini, maka muncul permasalahan seperti, meningkatnya suhu udara, pencemaran udara, padatnya lalu lintas, minimnya vegetasi dan lainnya, karena kurangnya areal taman kota. Belum meratanya taman kota bukan hanya akan mempengaruhi nilai estetika kota, namun juga akan mempengaruhi nilai perlindungan lingkungan terhadap kota. Dengan permasalahan tersebut, nampak bahwa taman kota berperan berperan besar dalam menjaga keseimbangan ekologi perkotaan, oleh karena itu mempelajari tentang pola penyebaran taman kota sangat penting karena taman kota dapat mengeliminir dampak lingkungan.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pola penyebaran dan peranan taman kota terhadap ekologi di Kota Jepara. Manfaat yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah untuk memberikan informasi kepada DKPPK, dan DLHPE Kabupaten Jepara dalam menentukan konsep perencanaan pertamanan yang sesuai dengan kondisi wilayah di Kota Jepara.
Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah dokumentasi, observasi, dan kuesioner. Dalam penelitian ini, analisis inferensial digunakan untuk menentukan diterima atau ditolaknya hipotesis penelitian yang telah dirumuskan. Pengujian hipotesis menggunakan teknik One Way Anova (Uji F), sebelum Uji F dilakukan uji asumsi terlebih dahulu, yang meliputi uji normalitas sebaran data dan uji kesamaan varians untuk seluruh sampel dengan menggunakan bantuan program SPSS 11.0 for windows.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian diketahui bahwa terdapat korelasi yang cukup tinggi antara penyebaran taman kota dengan parameter ekologi di Kota Jepara. Besarnya koefisien korelasi antara keduanya adalah 0,613 dengan koefisien determinasi sebesar 0,376 yang berarti 37,6% kualitas ekologi seperti vegetasi, suhu udara, pengurangan pencemaran udara, dan lalu lintas menurut responden dipengaruhi oleh penyebaran taman kota. Dengan demikian masih terdapat 62,4% pengaruh dari faktor lain, seperti letak geografis Kota Jepara, pola pemukiman penduduk, atau pun faktor musim dan cuaca pada saat penelitian dilaksanakan yang juga berpengaruh terhadap kualitas ekologi kota. Disimpulkan bahwa peranan yang diberikan oleh pola penyebaran taman kota terhadap ekologi adalah berbeda-beda secara signifikan di Kelurahan Pingkol, Kauman, Demaan, dan Ngabul. Saran yang dapat disampaikan adalah, perlu adanya penambahan vegetasi taman kota di Kelurahan Ngabul, adanya perbedaan pengurangan pencemaran udara dan suhu udara di antara taman kota adalah sebagai acuan untuk menyaring berbagai sumber polusi udara, dan diperlukan desain taman kota yang memperhatikan bentuk jalan untuk kelancaran lalu lintas di Kota Jepara

Download

Pola Penyebaran Taman Kota dan Peranannya terhadap Ekologi di Kota Jepara, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets