Pola Pewarisan Pemain Wanita Wayang Orang Ngesti Pandawa Semarang

This item was filled under [ bahasa dan seni ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (29 votes cast)

skripsi jurusan pendidikan seni drama: Pola Pewarisan Pemain Wanita Wayang Orang Ngesti Pandawa Semarang

Anik Purwati. 2005.Skripsi pendidikan seni drama, Fakultas bahasa dan seni, Universitas Negeri Semarang.

Wayang Orang Ngesti Pandawa Semarang selain keadaan lingkungan yang tidak kondusif dipengaruhi pula kurangnya peminat dari masyarakat umum baik dari segi penonton ataupun regenerasi Wayang Orang Ngesti Pandawa Semarang, sehingga proses regenerasi lebih banyak terjadi dalam keluarga pemain Wayang Orang Ngesti Pandawa Semarang sendiri, seperti keluarga pemain wanita Wayang Orang Ngesti Pandawa Semarang.

Dalam penelitian ini difokuskan pemain wanita Wayang Orang Ngesti Pandawa Semarang karena melihat latar
belakang pemain wanita Wayang Orang Ngesti Pandawa Semarang dari sisi kehidupan pekerjaan dan alasan-alasan serta motivasi-motivasi pemain wanita Wayang Orang Ngesti Pandawa Semarang dalam pewarisan terhadap keluarganya di Wayang Orang Ngesti Pandawa Semarang yang telah di tinggal peminatnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskrepsikan pola pewarisan sebagai pemain wayang orang dengan segala faktor yang mempengaruhi dari pola pewarisan sebagai pemain Wayang Orang Ngesti Pandawa Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sasaran penelitian adalah pola pewarisan pemain wanita Wayang Orang Ngesti Pandawa Semarang dalam keluarganya dan faktor yang mempengaruhi pola pewarisan sebagai pemain Wayang Orang Ngesti Pandawa Semarang. Lokasi penelitian di asrama Wayang Orang Ngesti Pandawa Semarang, jalan Arya Mukti Timur gang VIII-IX Pedurungan Semarang dan di gedung Ki Narta Sabda TBRS. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan pendekatan trianggulasi dan teknik analisis data dengan cara mengumpulkan data, menyajikan data, mereduksi data kemudian simpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pewarisan sebagai pemain wayang orang melalui proses enkulturasi yang dipengaruhi oleh latar belakang pemain wanita Wayang Orang Ngesti Pandawa Semarang dan pengetahuan anak pemain wanita Wayang Orang Ngesti Pandawa Semarang serta sistem pembelajaran yang bersifat tradisional atau disebut pembiasaan anak akan ketrampilan atau materi sebagain pemain wayang orang, seperti : gerak tari, rias dan busana, antawecana, karakter dan penguasaan iringan. Faktor yang mempengaruhi pola pewarisan sebagai pemain wayang orang adalah keluarga, lingkungan yang kondusif, Paguyuban Wayang Orang Ngesti Pandawa Semarang sendiri.
Kesimpulannya bahwa pola pewarisan pemain wanita Wayang Orang Ngesti Pandawa Semarang melalui proses enkulturasi dan pembelajaran tradisional atau lebih disebut pembiasaan serta didukung dari berbagai pihak baik intern maupun ekstern. Pola pewarisan sebagai pemain wayang orang akan terlaksana secara maksimal, apabila ditampung dalam sebuah sanggar khusus untuk generasi penerus pemain Wayang Orang Ngesti Pandawa Semarang

Download

Pola Pewarisan Pemain Wanita Wayang Orang Ngesti Pandawa Semarang, 5.0 out of 5 based on 29 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets