POSISI ASBAB AL-NUZUL DALAM PENAFSIRAN AL-QUR’AN DITINJAU DENGAN HERMENEUTIKA PAUL RICOEUR

This item was filled under [ Tafsir Hadis ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (24 votes cast)

Skripsi Tafsir Hadis : POSISI ASBAB AL-NUZUL DALAM PENAFSIRAN AL-QUR’AN DITINJAU DENGAN HERMENEUTIKA PAUL RICOEUR

ABSTRAK

Problem umum mengenai teks adalah bagaimana memahami teks sebagai sesuatu yang berasal dari masa lalu dalam dunia kekinian. Al-Qur’an yang berasal dari masa lalu pun mengalami hal serupa. Problem yang sama ketika dihadapkan pada Al-Qur’an adalah bagaimana memahami Al-Qur’an yang berasal dari masa lalu supaya relevan dengan dunia kekinian. Untuk menjadikan Al-Qur’an supaya relevan dalam dunia kekinian, kajian terhadap metode tidak boleh berhenti melainkan metode perlu diperbarui dan dikaji secara terus menerus. Sebagai upaya memperbarui metode inilah metode hermeneutika Paul Ricoeur dihadirkan di sini.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa dalam penafsiran Al-Qur’an, ulama telah  banyak menghadirkan metode penafsiran. Juga tidak dapat diingkari bahwa hermeneutika pun telah populer dan marak digunakan untuk menafsirkan Al-Qur’an. Namun,  metode penafsiran Al-Qur’an yang ada selama ini mempunyai  pandangan bahwa konteks sosial historis teks merupakan sesuatu yang signifikan dalam penafsiran Al-Qur’an, baik konteks umumnya maupun konteks khususnya (asbab al-nuzulnya), sementara metode interpretasi teks (hermeneutika) Ricoeur yang dapat dikategorikan dalam metode analisis teks (yang termasuk) terbaru memandang bahwa dalam memahami teks, teks harus diperlakukan secara otonom (lepas dari maksud pengarangnya, kondisi sosial historisnya dan audiens aslinya). Hal ini tentu saja menjadi tantangan tersendiri dalam penafsiran Al-Qur’an terlebih ketika kontekstualisasi Al-Qur’an yang semakin nyaring diperbincangkan itu sendiri juga mempunyai arah yang sama dengan hermeneutika Ricoeur dalam menjangkau audiens yang tidak terbatas.

Dalam mengkaji asbab al-nuzul dengan menggunakan hermeneutika Paul Ricoeur ini, metode yang dipakai adalah metode deskriptif analitis di mana selain memaparkan, menguraikan atau menjelaskan, juga dilakukan analisis kritis, yaitu melakukan pertimbangan-pertimbangan tertentu terhadap teori interpretasi Paul Ricoeur dalam manelaah asbab al-nuzul dan penafsiran Al-Qur’an.

Namun demikian, sungguhpun hermeneutika Ricoeur telah memberikan arah baru bagi pemahaman teks, namun memahami teks dengan memberlakukan teks sebagai sesuatu yang otonom yang melepaskan konteks sosial-historisnya bukanlah hal yang mudah diterapkan dalam penafsiran Al-Qur’an, namun diperlukan pertimbangan tertentu. Sungguhpun Al-Qur’an adalah teks, bagaimanapun juga tidak dapat dilupakan bahwa Al-Qur’an adalah teks suci keagamaan. Sebagai teks suci keagamaan, Al-Qur’an mempunyai karakter yang unik dan berbeda dengan teks-teks profan pada umumnya. Al-Qur’an tidak hanya memuat satu tema pembicaraan saja, juga terdapat bagian-bagian yang saling berbeda di dalamnya: terdapat ayat-ayat yang sifatnya menceritakan dan ada pula ayat-ayat yang bermateri hukum yang mempunyai konsekuensi terhadap dosa dan pahala. Terdapatnya perbedaan karakter teks inilah yang menyebabkan hermeneutika Ricoeur tidak mudah untuk diterapkan terhadap Al-Qur’an yang tidak hanya merupakan teks biasa, namun teks suci keagamaan yang berwatak “unik”.

Untuk mendownload silakan klik link di bawah ini

Download di sini

POSISI ASBAB AL-NUZUL DALAM PENAFSIRAN AL-QUR’AN DITINJAU DENGAN HERMENEUTIKA PAUL RICOEUR, 5.0 out of 5 based on 24 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets