PROFIL ASAM LEMAK OMEGA-3 DALAM HATI IKAN MANYUNG (Arius thalassinus) YANG MENGALAMI PEMANASAN PENDAULUAN (Blanching)

This item was filled under [ Kimia ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

skripsi Jurusan Kimia: PROFIL ASAM LEMAK OMEGA-3 DALAM HATI IKAN MANYUNG (Arius thalassinus) YANG MENGALAMI PEMANASAN PENDAULUAN (Blanching)

Asih Fitriani. 2006. skripsi Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. 2006

Ikan merupakan sumber makanan yang berprotein tinggi, selain itu juga mengandung vitamin, air dan lemak. Lemak yang terkandung dalam ikan pada umumnya adalah asam lemak poli tak jenih yang biasa dikenal dengan Omega-3.

Permasalahan yang timbul adalah apakah dalam hati ikan manyung yang mengalami pemansan pendahuluan (blanching) terdapat asam lemak Omega-3 jenis EPA dan DHA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memisahkan minyak dari hati ikan manyung dan mengetahui apakah dalam minyak tersebut terdapat asam lemak Omega-3 jenis EPA dan DHA, untuk mengetahui berapa kadar asam lemak Omega-3 jenis EPA dan DHA dalam hati ikan manyung setelah mengalami pemanasan pendahuluan (blanching) dan untuk mengetahui waktu pemanasan pendahuluan (blanching) yang optimum untuk memperoleh EPA dan DHA.
Dalam penelitian ini dilakukan analisis pendahuluan dan analisis setelah perlakuan. Analisis pendahuluan terhadap hati ikan manyung yaitu analisis kadar air, kadar minyak, angka penyabunan, angka iod dan angka asam. Minyak dari hati ikan manyung diperoleh dengan cara ekstraksi menggunakan metode folch yaitu menggunakan pelarut kloroform dan metanol dengan perbandingan 2:1.
Sedangkan analisis setelah perlakuan, hati ikan manyung diblanching selama 2, 3, 4, 5 dan 6 menit kemudian diekstraksi dengan menggunakan metode yang sama. Hati ikan manyung setelah diekstraksi dianalisis menggunakan kromatografi gas.
Dari hasil penelitian diperoleh kadar air 81,414%, kadar minyak 4,80%, angka iod 104,70, angka penyabunan 279,52 dan angka asam 7,60. Kadar EPA setelah diblanching berturut-turut adalah 1,0815%, 1,1668%, 1,2125%, 1,5867% dan 1,3882%. Sedangkan kadar DHAnya berturut-turut adalah 2,1321%, 2,1511%, 2,567%, 2,6168%, dan 2,3381%. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa waktu pemanasan yang optimum untuk memperoleh EPA dan DHA dalam hati ikan manyung adalah 5 menit dengan kadar EPA 1,5867% dan DHA 2,6168%.

Download

PROFIL ASAM LEMAK OMEGA-3 DALAM HATI IKAN MANYUNG (Arius thalassinus) YANG MENGALAMI PEMANASAN PENDAULUAN (Blanching), 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

One Comment on “PROFIL ASAM LEMAK OMEGA-3 DALAM HATI IKAN MANYUNG (Arius thalassinus) YANG MENGALAMI PEMANASAN PENDAULUAN (Blanching)”

  • 20 October, 2011, 3:45

    trims

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets