Profil Pemulung di Desa Sukorejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang dan Partisipasinya dalam Menciptakan Kebersihan Lingkungan

This item was filled under [ hukum dan kwarganegaraan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan Hukum dan Kwarganegaraan: Profil Pemulung di Desa Sukorejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang dan Partisipasinya dalam Menciptakan Kebersihan Lingkungan

Lestari, Puji. 2005. Skripsi Hukum dan Kwarganegaraan, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Fenomena pemulung yang ada di Dukuh Deliksari merupakan gambarankehidupan kaum migran yang mempunyai kualitas sumber daya yang rendahsehingga untuk tetap bertahan hidup mereka harus bekerja di sektor informal antarlain sebagai pemulung, dimana pemulung merupakan suatu pekerjaan yang memilikitingkat penghasilan yang sangat rendah karena terkait dengan jenjang pendidikandan keterampilan yang tidak mereka miliki.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah profil pemulung diDesa Sukorejo khususnya di Dukuh Deliksari, dimana profil ini meliputi keadaanekonomi, kehidupan sosial dan status sosialnya, pendidikan dan aspirasi pemulungdimasa yang akan datang serta partisipasi pemulung dalam menciptakan kebersihanlingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pemulung yangmeliputi keadaan ekonomi, kehidupan sosial dan status sosialnya, pendidikan danaspirasi pemulung dimasa yang akan datang ; serta untuk mengetahui partisipasipemulung.

Fokus dalam penelitian ini adalah profil pemulung di Dukuh Deliksari DesaSukorejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang yang meliputi keadaan ekonomi,kehidupan sosial dan status sosialnya, pendidikan dan aspirasi pemulung dimasayang akan datang dan partisipasi pemulung yang meliputi perencanaan, pelaksanaan,pengawasan dan pendanaan. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah sebagaibahan pertimbangan bagi pihak-pihak yang berkaitan dengan partisipasi parapemulung sehingga dapat menentukan kebijaksanaan sebagai wujud untukmenghargai keberadaan pemulung karena para pemulung tersebut dalamkenyataannya telah ikut berperan serta dalam upaya menciptakan kebersihanlingkungan.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yangmemaparkan berbagai data yang diperolah dari hasil pengamatan dan wawancara.Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalahobservasi, wawancara, dan studi dokumentasi.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa hubungan antara pemulung dan wargaterjalin dengan sangat baik, hal ini dibuktikan dengan adanya kerja bakti yangdiadakan setiap hari minggu. Mengenai status sosialnya didasarkan pada jenis barangbekas yang ia dapatkan, sedangkan keadaan ekonomi para pemulung sangatmemprihatinkan karena jumlah pendapatan yang tidak sebanding dengan jumlahpengeluaran yang harus dikeluarkan setiap harinya sehingga tingkat kemakmurandan kesejahteraan keluarga pemulung sangat rendah, jenjang pendidikan merekasangat rendah sehingga kualitas sumber daya yang mereka miliki juga rendah,mereka memiliki aspirasi untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik darisekarang. Partisipasi mereka dalam menciptakan kebersihan lingkungan meliputitahap perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan sedangkan pendanaannya tidakarena jumlah pendapatan mereka yang kecil hal ini ditandai dengan adanyapekerjaan pemulung yang setiap harinya seelalu berencana untuk memunguti sampahpada keesokaan harinya sambil mengawasi di mana ada sampah yang berserakanuntuk diambil.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pemulungmemiliki hubungan yang baik dengan tetangganya dimana hal ini terbukti denganadanya kerja bakti yang diadakan setiap minggu. Status sosial pemulung dapatdibedakan berdasarkan pada jenis-jenis barang yang mereka dapatkan setiap hari,sedangkan kehidupan ekonomi mereka sangatlah memprihatinkan karena rendahnyajumlah penghasilan yang diperoleh tidak mampu untuk mencukupi kebutuhanmereka, sebagian besar pemulung di Dukuh Deliksari tidak pernah sekolah karenaketerbatasan biaya yang dimiliki oleh orang tua mereka meskipun demikian merekamempunyai aspirasi untuk memiliki kehidupan yang lebih baik pada masa yang akandatang.

Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini terutama ditujukan bagipemulung, agar dalam bekerja pemulung selalu bersikap jujur yaitu dengan tidakmengambil barang yang bukan miliknya untuk menciptakan persepsi yang baik padawarga. Masyarakat, adanya sikap yang baik kepada pemulung tanpa melihatpenampilannya tetapi lebih melihat pada manfaat yang ada pada pemulung itu.Pemerintah, hendaknya selalu melihat dan meninjau kondisi masyarakatnya secaralangsung untuk memberikan bantuan yang tepat bagi warganya, penyuluhan danpemberdayaan pemulung dengan cara memberikan pembinaan keterampilan,pendampingan dan pemodalan.

Download

Profil Pemulung di Desa Sukorejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang dan Partisipasinya dalam Menciptakan Kebersihan Lingkungan, 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets