Profil Pondok Pesantren Salaf Asrama Perguruan Islam (API) Sebagai Media Da’wah Islam di Kabupaten Magelang Tahun 1950-2006

This item was filled under [ sejarah ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan sejarah: Profil Pondok Pesantren Salaf Asrama Perguruan Islam (API) Sebagai Media Da’wah Islam di Kabupaten Magelang Tahun 1950-2006

Salim Akhmadiyanto, 2007. Skripsi sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang.

Di tengah runtuhnya moralitas masyarakat sebagai dampak dari benturan berbagai budaya, pesantren seakan menjadi telaga yang masih menawarkan kebeningan air kearifan untuk membenahi kembali moralitas. Banyak pendekar-pendekar kearifan yang di hasilkan dari lumbung pesantrendan siap berjuang untuk menegakan nilai-nilai moral. Dengan bahasa yang agak konkret, banyak tokoh-tokoh nasional yang bersih yang lahir dari rahimpesantren, meskipun ada politisi dan pemegang amanah yang tidak baik yang lahir dari pesantren. Hal ini wajar, karena ibarat ayam yang mengeram telur-telurnya, tidak semua telur yang dierami menjadi ayam, demikianlah juga pesantren yang tidak semua santri yang dikeluarkan dapat menjadi pejuang-pejuang moral. Namun demikian, pesantren tetap memiliki segudang kearifan yang layak untuk diungkap guna menunjukan potensi-potensi yang dimilikinya.

Pemilihan judul ini didasarkan pada peranan pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam yang tumbuh dan berkembang di daerah pedalaman. Sebagai lembaga pendidikan dan pengajaran agama Islam pondok pesantren banyak diminati oleh masyrakat pedesaan. Untuk itu peneliti ingin mengetahui lewat penelitian tentang kegiatan dan proses pendidikan serta pengajaran disalah satu pondok pesantren di desa Tegalrejo yaitu pondok pesantren Asrama Perguruan Islam.
Permasalahan yang akan dibahas oleh peneliti adalah (1). Gambaran Umum Wilayah Kabupaten Magelang dan pondok pesantren Asrama Perguruan Islam (2). Kurikulum Pendidikan di Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (3). Peran Kyai dalam pengembangan da’wah Islam. Tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah mengungkap serta memaparkan semua kegiatan baik itu yang bersifat akademik maupun non akademik di pondok pesantren yang didirikan oleh KH. Chudlori. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah dapat memberi masukan kepada pemerintah khususnya Departemen Pendidikan Nasional agar pesantren tidak dianak tirikan dengan lembaga pendidikan umum lainnya. Disamping itu memberi masukan kepada pengasuh atau kyai agar dapat membawa santrinya
ke arah kemajuan sesuai dengan kemajuan zaman. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah (1) heuristik, (2) kritik sumber, (3) interprestasi, (4) historiografi.
Hasil penelitian diantaranya menunjukan bahwa pondok pesantren Asrama Perguruan Islam didirakan atas dorongan dari masyarakat desa Tegalrejo yang pada saat itu sangat membutuhkan tempat untuk belajar bagi anak-anak dan orang tua. Pondok pesantren Asrama Perguruan Islam yang didirikan tahun 1950 oleh KH. Chudlori semakin berkembang pesat dan sampai akhir tahun 2006 jumlah santrinya mencapai 3500 jiwa.

Download

Profil Pondok Pesantren Salaf Asrama Perguruan Islam (API) Sebagai Media Da’wah Islam di Kabupaten Magelang Tahun 1950-2006, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets