Profil Tenaga Kerja Di Tempat Pelelangan Ikan Tasikagung Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang Tahun 2003.

This item was filled under [ geografi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (110 votes cast)

Skripsi jurusan geografi: Profil Tenaga Kerja Di Tempat Pelelangan Ikan Tasikagung Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang Tahun 2003.

Setyo Dewi Purwanti. 2005. Skripsi jurusan geografi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Tenaga kerja yang terampil merupakan potensi sumber daya manusia yangsangat dibutuhkan dalam proses pembangunan dalam menyongsong era globalisasi,jumlah penduduk yang besar disatu sisi merupakan potensi sumber daya manusiayang dapat diandalkan, tetapi disisi lain juga merupakan masalah yang besar yangberdampak pada berbagai sektor. Profil dalam penelitian ini merupakan seperangkatciri-ciri yang secara keseluruhan memberi gambaran tentang tenaga kerja yangbekerja sebagai bakul di Tempat Pelelangan Ikan.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Darimana sajakahdaerah asal tenaga kerja ? (2) Bagaimanakah karakteristik pendapatan danpendidikan tenaga kerja ? (3) Bagaimanakah sumbangan pendapatan terhadapkeluarga tenaga kerja ?. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui daerah asal tenagakerja (2) Mengetahui karakteristik pendapatan dan pendidikan tenaga kerja (3)Mengetahui sumbangan pendapatan terhadap keluarga tenaga kerja.

Populasi penelitian ini adalah tenaga kerja yang bekerja sebagaibakul/pedagang di Tempat Pelelangan Ikan Tasikagung Kecamatan RembangKabupaten Rembang tahun 2003 yang berjumlah 101 orang. Penentuan jumlahsampel bergantung pada jumlah subyek penelitian, apabila jumlah sampel kurangdari 100 maka keseluruhan subyek penelitian merupakan sampel penelitian akantetapi bila subyek penelitian lebih dari 100 dapat ditentukan antara 10%-15% atau20%-25%. (Arikunto. 1997:112). Dari jumlah populasi 101 dijadikan semua menjadisampel. Sedangkan variabel dalam penelitian ini adalah daerah asal, karakteristiktenaga kerja (Tingkat pendidikan dan pendapatan), Sumbangan pendapatan terhadapkeluarga tenaga kerja, jumlah jam kerja, modal. Data dikumpulkan dengan angketdan dilengkapi dengan sumber lain (wawancara/interview dan dokumentasi). Datayang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif persentase.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa alasan tenaga kerja yang bekerja padaTPI Tasikagung yaitu karena dekat dengan tempat tinggal dan menambahpenghasilan keluarga. Sebagian besar tenaga kerja yang bekerja sebagai bakulberasal dari dalam desa Tasikagung (44,56%). Jumlah pendapatan pokok tidakdipengaruhi oleh tingkat pendidikan karena pekerjaan tidak memperhatikan golongandan ketrampilan yang dimiliki sehingga sebagian besar responden tamatan SD yaitusebanyak 44,56%. Pendapatan rata-rata responden sebesar Rp 418.564 perbulankalau dikaitkan dengan Upah Minimum Kabupaten (UMK) tahun 2003 untuk daerahRembang sebesar Rp 350.200 sudah memenuhi standar UMK tersebut. Respondenyang bekerja mempunyai sumbangan dalam menambah pendapatan keluarga yaitu46,11%.

Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa sebagian besarresponden berasal dari desa Tasikagung sebanyak 44,56%, mayoritas pendidikanresponden yaitu tamatan SD, dikarenakan dalam pekerjaan ini tidak diperlukanketrampilan khusus faktor utama adalah besarnya modal, sebagian besar respondenrata-rata berpendapatan Rp 418.564 perbulan. Pendapatan rata-rata tenaga kerjatersebut sudah memenuhi standar Upah Minimum Kabupaten (UMK) tahun 2003untuk daerah Rembang sebesar Rp 350.200. Sumbangan pendapatan respondenterhadap pendapatan keluarga sebesar 46,11% perbulan. Berdasarkan kesimpulanpenelitian bahwa pekerjaan sebagai pedagang/bakul tidak memerlukan ketrampilankhusus diharapkan dinas terkait setempat lebih tanggap dengan memberikan bantuanmodal berupa uang dengan bunga yang rendah sebagai penunjang pencapaian hasilusaha disektor ini, memberdayakan koperasi semaksimal mungkin agar kehidupanpedagang/bakul menjadi lebih baik, perlunya usaha-usaha sampingan denganmenggunakan bahan ikan dan hasil laut yang lain menjadi bahan konsumsi dengandemikian dapat menambah pendapatan keluarga.

Download

Profil Tenaga Kerja Di Tempat Pelelangan Ikan Tasikagung Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang Tahun 2003., 4.9 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets