Prosedur Evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Oleh Kantor Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Tengah

This item was filled under [ Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (113 votes cast)

Skripsi jurusan ekonomi : Prosedur Evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Oleh Kantor Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Tengah

Malik Imron. 2005. Jurusan ekonomi , Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang.

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) adalah badan yang bertugasuntuk melaksanakan pengawasan keuangan dan pembangunan serta penyelenggaraanakuntabilitas didaerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.BPKP dimaksudkan pemerintah sebagai aparat pengawasan keuangan yang bertujuanuntuk memerangi dan mengurangi praktek-praktek korupsi, kolusi dan nepotisme.Selain itu juga dimaksudkan sebagai aparat untuk mewujudkan pemerintahan yangbersih dan jujur melalui penilaian akuntabilitas kinerja.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakahprosedur evaluasi LAKIP oleh kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur evaluasi LAKIP oleh kantorPerwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah.

Objek kajian dalam penelitian ini adalah prosedur evaluasi LaporanAkuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) pada Kantor Perwakilan BadanPengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Tengah. Metodepengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Interview, LibrarySearch, Dokumentasi

Evaluasi dilakukan setelah LAKIP disusun dan diserahkan pada BPKP dariInstansi Pemerintah. Tahapan pertama yang dilakukan adalah tim evaluasi melakukanperencanaan pemeriksaan dan pembuatan program audit. Tahapan selanjutnya timevaluasi mengevaluasi akuntabilitas keuangan instansi pemerintah yang dimulai darievaluasi atas perumusan rencana keuangan, pelaksanaan kegiatan, evaluasi ataspendanaan pelaksanaan kegiatan, evaluasi atas kinerja keuangan, dan evaluasiterhadap pelaksanaan laporan keuangan. Selanjutnya tim evaluasi memberikan saranatas kelemahan yang ditemukan dalam evaluasi untuk kemudian di umpan balikankepada instansi pemerintah terkait.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan prosedur evaluasiLAKIP ada satu tahap yang belum dilaksanakan, yaitu prosedur evaluasi ketaatanterhadap Undang-undang.

Dari hasil penelitian diatas diharapkan agar BPKP dapat secepatnyamelaksanakan prosedur evaluasi ketaatan terhadap Undang-undang dengan tujuanagar secepatnya pula terbentuk pemerintahan yang baik, jujur , bersih dan bebas dariKKN seperti yang telah kita cita-citakan selama ini.

Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat, yaitu menambah ilmupengetahuan bagi mahasiswa ataupun dosen. Dan juga masyarakat umum bahwasebenarnya untuk menciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN bukanhanya tugas BPKP semata tapi tugas kita semua.

Download

Prosedur Evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Oleh Kantor Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Tengah, 4.8 out of 5 based on 113 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets