Prosedur Pelaksanaan Audit Operasional Terhadap Instansi Pemerintah Pada Kantor Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa tengah

This item was filled under [ Pendidikan Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (110 votes cast)

Tugas akhir akuntansi : Prosedur Pelaksanaan Audit Operasional Terhadap Instansi Pemerintah Pada Kantor Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa tengah

Cahyoko. 2005. Skripsi jurusan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

BPKP adalah sebuah lembaga Pemerintahan non Departemen yangbertanggungjawab langsung kepada Presiden. BPKP mempunyai tugasmelaksanakan pengawasan keuangan dan pembangunan serta penyelenggaraanakuntabilitas di daerah sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku.BPKP diberikan kepercayaan oleh pemerintah untuk melaksanankan AuditOperasional terhadap Instansi Pemerintah baik pusat maupun daerah danemudian melaporkannya kepada pemerintah. Dalam pencapaian tujuannyaInstasi Pemerintah perlu memperlihatkan kegiatan operasionalnya gunamempertanggungjawabkan atas segala kegiatan yang sifatnya operasional.

Sehingga dalam pelaksanaan tugas dan pencapaian tujuannya berjalan denganbaik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : Bagaimana Prosedurpelaksanaan Audit Operasional terhadap Instansi Pemerintah di Kantorperwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah. Bagaimana Peran Auditor pada KantorPerwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah. Bagaimana pengendalian mutu dalammelaksanaan Audit Operasional.

Obyek kajian dalam penelitian ini adalah Prosedur Pelaksanaan AuditOperasional terhadap Instansi Pemerintah pada Kantor Perwakilan BPKP ProvinsiJawa Tengah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi,wawancara, observasi, kajian pustaka. Metode analisis data yaitu analisiskualitatif, yaitu analisis yang tidak didasarkan pada perhitungan statistik yangberbentuk kwalitatif (jumlah), dan disajikan secara sistematis.

Dalam pelaksanaan audit operasional terhadap Instansi Pemerintah yangdilaksanakan oleh Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah meliputi limatahap yaitu : Persiapan Audit, Pengujian Pengendalian Manajemen, PemeriksaanLanjutan, Pelaporan Hasil Audit, dan Pemeriksaan Tindak Lanjut Temuan HasilAudit. Untuk menjamin kualitas dari hasil audit maka BPKP mengguanakanFormulir Kendali mutu. Formulir Kendali Mutu yang ada pada BPKP untuk auditoperasioanal meliputi formulir KM_1 sampai KM_12. Dari hasil penelitianmenujukkan bahwa dalam prosedur pelaksanaan Audit Operasional terhadapInstansi Pemerintah yang dilakukan oleh Kantor perwakilan BPKP Provinsi JawaTengah sudah cukup baik sesuai dengan pedoman pemeriksaan operasional yangtelah dibuat oleh BPKP Pusat. Dari hasil penelitian di atas diharapkan agar KantorPerwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah dalam melaksanakan Audit Operasionalterhadap instansi Pemerintah menggunakan semua Folmulir Kendali mutu yangada dan meningkatkan kinerja dalam Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah.

Download

Prosedur Pelaksanaan Audit Operasional Terhadap Instansi Pemerintah Pada Kantor Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa tengah, 4.8 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets