PROSEDUR PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN KELUAR PADA BAGIAN KEPEGAWAIAN BADAN PENGAWAS PROVINSI JAWA TENGAH

This item was filled under [ Manajemen ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

skripsi Jurusan MANAJEMEN: PROSEDUR PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN KELUAR PADA BAGIAN KEPEGAWAIAN BADAN PENGAWAS PROVINSI JAWA TENGAH

Yuli Utami . 2006. Skripsi JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2006

Salah satu faktor kelancaran organisasi adalah ketertiban dan kelancaran dalam pengurusan administrasi pengelolaan surat masuk dan surat keluar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Prosedur Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar pada Bagian Kepagawaian Badan Pengawas Provinsi Jawa Tengah? (2) Bagaimana cara mengarsip surat (surat masuk dan surat keluar) pada Bagian Kepagawaian Badan Pengawas Provinsi Jawa Tengah? Prosedur Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada Bagian Kepagawaian Badan Pengawas Provinsi Jawa Tengah. (2) untuk mengetahui cara mengarsip surat (surat masuk dan surat keluar) pada Bagian Kepagawaian Badan Pengawas Provinsi Jawa Tengah.

Lokasi Penelitian di bagian Kepegawaian Badan Pengawas Provinsi Jawa Tengah, objek kajian dari penelitian ini adalah prosedur pengelolaan surat masuk dan surat keluar di bagian Kepegawaian Badan Pengawas Provinsi Jawa Tengah. Operasional konsep dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan maupun penanganan surat menyurat yang baik, sesuai dengan prosedur. Surat menyurat memberikan manfaat hubungan baik antara organisasi dengan lembaga lain atau perusahaan dengan masyarakat sehingga akan meningkatkan nama baik (good will) organisasi tersebut. Metode pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan studi pustaka, data yang dikumpulan dianalisis dengan analisis dekriptif. Prosedur Pengelolaan surat masuk dibagian Kepegawaian Badan Pengawas Provinsi Jawa Tengah menggunakan buku agenda, Kartu Kendali Surat Masuk (KKSM) dan Lembar Disposisi. Sedangkan untuk surat keluar menggunakan Kartu Kendali Surat Keluar dan buku agenda verbal. Penyimpanan surat masuk dan keluar menggunakan sistem pokok surat (sistem subyek) yang telah ditentukan oleh Pemerintah pusat.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa Prosedur Pengelolaan surat masuk dibagian Kepegawaian Badan Pengawas Provinsi Jawa Tengah sudah baik sesuai antara teori dan fakta yang ada di lapangan. Tetapi masih adanya kendala yaitu pengembalian surat yang telah dipinjam terkadang kurang diperhatikan, sehingga perlu adanya pemantauan, dan ketelitian petugas Unit Pengolah bagian Kepegawaian Badan Pengawas Provinsi Jawa Tengah dalam peminjaman arsip dalam bentuk satu ordner atau lembaran surat.

Download

PROSEDUR PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN KELUAR PADA BAGIAN KEPEGAWAIAN BADAN PENGAWAS PROVINSI JAWA TENGAH, 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

One Comment on “PROSEDUR PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN KELUAR PADA BAGIAN KEPEGAWAIAN BADAN PENGAWAS PROVINSI JAWA TENGAH”

  • d2nk
    21 October, 2011, 9:35

    syukur…….
    gue selamat

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets