PROSES PEMBATALAN HAK ATAS TANAH KARENA CACAT ADMINISTRASI (KESALAHAN PROSEDUR) DI LINGKUP KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN PATI

This item was filled under [ hukum dan kwarganegaraan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi Jurusan HUKUM DAN KEWARGANEGARAAN : PROSES PEMBATALAN HAK ATAS TANAH KARENA CACAT ADMINISTRASI (KESALAHAN PROSEDUR) DI LINGKUP KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN PATI

KURNIAWAN INSANI. 2007. Skripsi Jurusan HUKUM DAN KEWARGANEGARAAN ,FAKULTAS ILMU SOSIAL,UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG2007

Proses pembatalan hak atas tanah merupakan salah satu proses yang diambil oleh Kantor Pertanahan guna menyelesaikan suatu permasalahan pertanahan, baik itu dalam lingkup internal instansi Kantor Pertanahan maupun permasalahan pertanahan yang terjadi dalam masyarakat. Ada beberapa macam permasalahan dalam persoalan pertanahan, misalnya : sengketa tanah warisan, tapal batas tanah, tumpang tindih kepemilikan hak atas tanah sengketa yang bersumber dari kesalahan dalam proses pengurusan hak atas tanah. Atas dasar adanya fakta tersebut penyusun berusaha meneliti tentang proses pembatalan hak atas tanah karena cacat administrasi (kesalahan prosedur).

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini, yaitu : 1) Bagaimana proses pembatalan hak atas tanah yang disebabkan karena cacat administrasi (kesalahan prosedur) oleh dalam memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada masyarakat ? 2) Kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam proses pembatalan hak atas tanah khususnya pembatalan hak yang disebabkan karena cacat administrasi? 3) Kebijakan apa saja yang diambil Kepala Kantor Pertanahan dalam memperlancar proses pembatalan hak atas tanah yang dikarenakan cacat administrasi? Inti dari tujuan penelitian ini adalah untuk: mengetahui tata cara proses pembatalan hak atas tanah khususnya yang disebabkan karena cacat administrasi (kesalahan prosedur) oleh Kantor Pertanahan atau proses pembatalan hak atas tanah yang diterbitkan tanpa permohonan dan bagaimana cara memperbaiki pelayanan pertanahan supaya tidak terjadi cacat administrasi pada Kantor Pertanahan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan sebuah data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dan orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Adapun jenis metode pengumpulan data yng digunakan dalm penelitian ini, yaitu : metode observasi metode wawancara, metode dokumentasi, studi pustaka.
Hasil dari penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa proses pembatalan hak atas tanah adalah suatu penerbitan sertipikat yang batal demi hukum karena terdapat cacat hukum administrasi atau melaksanakan putusan pengadilan yang memperoleh kekuatan hukum tetap.

Download

PROSES PEMBATALAN HAK ATAS TANAH KARENA CACAT ADMINISTRASI (KESALAHAN PROSEDUR) DI LINGKUP KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN PATI , 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets