Proses Pensertipikatan Tanah Secara Massal Swadaya di Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang

This item was filled under [ hukum dan kwarganegaraan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

skripsi jurusan hukum dan kwarganegaraan: Proses Pensertipikatan Tanah Secara Massal Swadaya di Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang

Hendra Syarifudin. 2007. Skripsi hukum dan kwarganegaraan, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Sertipikasi massal swadaya (SMS) adalah adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten/ Kota membangkitkan minat masyarakat untuk mansertipikatkan tanahnya dengan biaya swadaya. Obyek sertipikasi massal swadaya adalah tanah adapt dan tanah negara yang dikuasai masyarakat. Proses penyelesaiannya dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Penelitian ini menggunakan metode analisis diskriptif kualitatif. Analisis diskriptif yaitu mengumpulkan data dengan membuat pencadaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau daerah. Metode kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan prosedur analisis yang tidak menggunakan prosedur analisis statistik atau cara kuantifikasi lainnya. Pelaksanaan program sertipikasi massal swadaya meliputi penyuluhan yang dilakukan sebelum pendaftaran SMS dimulai di lokasi SMS oleh Kepala Kantor Pertanahn/ petugas yang ditunjuk. Setelah itu dilakukan pengumpulan data fisik dan data yuridis. Selanjutnya petugas Kantor Pertanahan melakukan pengukuran dan pemetaan bidang tanah. Kegiatan selanjutnya yaitu penelitian data fisik dan yuridis kemudian mengumumkannya kepada masyarakat. Kemudian petugas Kantor Pertanahan membuat berita acara pangesahan data fisik dan data yuridis. Selanjutnya petugas Kantor Pertanahan melakukan pencatatan sanggahan dan pengesahan pengumuman. Dan yang terakhir adalah penegasan konversi dan pengakuan hak.
Kendala yang muncul dalam program sertipikasi massal swadaya adalah kurangnya respon dari pemerintah desa terhadap program sertipikasi massal swadaya serta administrasi pertanahan di tingkat desa rata-rata kurang lengkap. Berdasarkan penelitian ini, disarankan agar petugas Kantor Pertanahan bekerja sama dengan pemerintah desa/ kelurahan lebih pro aktif dalam sosialisasi program sertipikasi massal swadaya. Masyarakat juga diharapkan menyadari pentingnya sertipikat sebagai bukti terkuat atas kepemilikan tanah.

Download

Proses Pensertipikatan Tanah Secara Massal Swadaya di Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang, 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets