Proses Penyidikan oleh Polri Terhadap Pelaku Penyalahgunaan Psikotropika di Polwiltabes Semarang

This item was filled under [ hukum dan kwarganegaraan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan Hukum dan Kwarganegaraan: Proses Penyidikan oleh Polri Terhadap Pelaku Penyalahgunaan Psikotropika di Polwiltabes Semarang

Muzakky, Khayrul. 2005. Skripsi Hukum dan Kwarganegaraan, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Penyidikan merupakan serangkaian tindakan penyidik dalam hal dan menurut carayang diatur dalam undang- undang untuk mencari serta mengumpulkan buktibuktiyang dengan bukti itu membuat terang tindak pidana yang terjadi. Dalamelakukan tugas penyidikan, penyidik diberi kewenangan untuk melakukantindakan yang memungkinkan diselesaikannya proses penyidikan. Untukmengetahui lebih mendalam perlu dibuktikan melalui kegiatan penelitian.

Permasalahan yang dikaji di dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanaproses penyidikan terhadap pelaku penyalahgunaan psikotropika di PolwiltabesSemarang?, (2) apakah Faktor pendukung dan penghambat penyidik dalammelakukan penyidikan terhadap tindak pidana psikotropika? Penelitian inibertujuan: (1) untuk mengetahui pelaksanaan proses penyidikan terhadap pelakupenyalahgunaan psikotropika oleh Polwiltabes Semarang, (2) untuk mengetahuifaktor pendukung dan penghambat penyidik dalam melakukan penyidikanterhadap pelaku penyalahgunaan psikotropika.

Fokus dalam penelitian ini adalah tentang pelaksanaan penyidikanterhadap pelaku penyalahgunaan psikotropika di Polwiltabes Semarang.

Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode: (1) studikepustakaan, (2) studi Dokumen, (3) wawancara, (4) observasi. Data yangdikumpulkan dianalisis menggunakan model analisis interaktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penyidikan oleh Polrierhadap pelaku penyalahgunaan psikotropika di Polwiltabes Semarang meliputipemeriksaan di tempat kejadian, penangkapan, penahanan, penggeledahan danpenyitaan, pemeriksaan atau interogasi, penyusunan berita acara, penyampinganperkara, pelimpahan perkara kepada Jaksa Penuntut Umum dan/ ataupengembalian berkas kepada penyidik untuk disempurnakan. Dalam penyidikanterdapat faktor yang mendukung maupun menghambat. Faktor pendukung danpenghambat tersebut dapat berasal dari internal Polwiltabes Semarang maupundari eksternal Polwiltabes Semarang. Faktor internal yang mendukung adalah: (1)adanya substansi undang- undang yang telah memadai, (2) adanya dukungan daripihak atasan, sedangkan faktor eksternal yang mendukung adalah: (1) keberadaansaksi ahli dari Laboratorium Forensik Cabang Semarang, (2) adanya informan, (3)adanya dukungan dari tokoh masyarakat. Adapun faktor internal yangmenghambat proses penyidikan adalah: (1) kendala struktural, (2) kurangoptimalnya profesionalitas dan keahlian Polisi, (3) oknum aparat yang mudahdiperdaya, (4) lemahnya penegakan hukum di Indonesia, sedangkan faktorksternal yang menghambat adalah: (1) adanya strategi pemasaran baru, (2)adanya jaringan peredaran psikotropika terselubung atau terputus, (3) kurangnyakerjasama dari masyarakat.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa prosespenyidikan oleh Polri terhadap pelaku penyalahgunaan psikotropika di PolwitabesSemarang masih kurang optimal, karena dari kasus yang ditangani hanya sebataspemakai dan pengecer tidak pada bandar atau bahkan produsennya.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para penyidikmaupun masyarakat. Para penyidik dari Polwiltabes semarang diharapkanmengikutsertakan penyidik PNS dari lingkungan Dinas Kesehatan Kota Semarangagar proses dan hasil penyidikan dapat optimal. Demikian juga bagi masyarakat,diharapkan dapat lebih berpartisipasi dalam menanggulangi penyalahgunaanpsikotropika dan turut membantu dalam hal penangkapan tersangka pelakupenyalahgunaan psikotropika.

Download

Proses Penyidikan oleh Polri Terhadap Pelaku Penyalahgunaan Psikotropika di Polwiltabes Semarang, 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets