Prototipe Penerapan Algoritma One-Way Hashing HAVAL

This item was filled under [ Komputer dan Informatika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.7/5 (126 votes cast)

Skripsi Komputer:  Prototipe Penerapan Algoritma One-Way Hashing HAVAL


Algoritma hash satu arah (one-way hashing) adalah suatu algoritma yang mengkompresi suatu pesan dengan panjang sembarang, dan menghasilkan keluaran suatu nilai yang selalu sama panjangnya. Nilai keluaran ini digunakan sebagai tanda tangan digital (digital signature) untuk memeriksa kebenaran (authentication) dari pesan tersebut.

Algoritma hash satu arah banyak digunakan untuk mengamankan maupun memeriksa keaslian suatu pesan. Salah satu algoritma yang paling banyak digunakan dalam keamanan jaringan dan internet adalah Message Digest versi 5 (MD5). Selain MD5, algoritma SHA (Secure Hash Algoritma) juga sering digunakan. Algoritma – algoritma tersebut selalu menghasilkan keluaran nilai dengan panjang digest yang selalu sama. MD5 selalu menghasilkan keluaran dengan panjang nilai 128 bit. SHA menghasilkan keluaran dengan panjang nilai 160 bit.

HAVAL adalah salah satu algoritma hash satu arah yang diciptakan oleh Yuliang Zheng, Josef Pieprzky dan Jennifer Seberry. Tujuan utama dari algoritma ini adalah untuk menghasilkan keluaran nilai dengan panjang digest yang dapat bervariasi. Hasil keluaran panjang nilai algoritma HAVAL dapat berupa 128, 160, 192, 224 dan 256 bit. Pada algoritma HAVAL ini, suatu pesan dapat diproses sebanyak 3, 4 atau 5 kali. Hal ini menambahkan eksibilitas pada algoritma HAVAL. Kombinasi antara panjang output (digest) dan jumlah proses menyediakan 15 versi HAVAL. Menurut eksperiman dari penciptanya, HAVAL lebih cepat 60 % dibandingkan dengan MD5 jika melalui 3 kali proses, 15% lebih cepat jika melalui 4 kali proses dan sama cepat dengan MD5 jika melalui 5 kali proses.

Berdasarkan uraian diatas, maka penulis ingin mengajukan Tugas Akhir dengan judul “Prototipe Penerapan Algoritma One-Way Hashing HAVAL”.

Untuk mendownload silakan klik link di bawah ini

Download di sini

Prototipe Penerapan Algoritma One-Way Hashing HAVAL, 4.7 out of 5 based on 126 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets