PROYEKSI JUMLAH PENDUDUK MENGGUNAKAN MODEL ARIMA DAN ANALISIS FAKTOR (MULTIVARIAT) PADA VARIABEL – VARIABEL YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN PENDUDUK KABUPATEN JEPARA

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (29 votes cast)

Skripsi. JURUSAN Matematika : PROYEKSI JUMLAH PENDUDUK MENGGUNAKAN MODEL ARIMA DAN ANALISIS FAKTOR (MULTIVARIAT) PADA VARIABEL – VARIABEL YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN PENDUDUK KABUPATEN JEPARA

Ujiati Suci Rahayu , 2007. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Universitas Negeri Semarang 2007

Perkembangan dan pertumbuhan penduduk Kabupaten Jepara lima tahun terakhir mengalami kenaikan. Selama kurun waktu tahun 2001 sampai dengan 2005 jumlah penduduk Kabupaten Jepara terus mengalami kenaikan. Proyeksi penduduk merupakan ramalan jumlah penduduk melalui perhitungan ilmiah yang didasarkan pada asumsi dari komponen-komponen laju pertumbuhan penduduk, yaitu kelahiran, kematian dan perpindahan (migrasi). Untuk menentukan asumsi dari tingkat perkembangan kelahiran, kematian dan perpindahan di masa yang akan datang diperlukan data yang menggambarkan tren di masa lampau hingga saat ini, faktor-faktor yang mempengaruhi masing-masing komponen itu serta target yang akan dicapai atau diharapkan pada masa yang akan datang.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk dengan dilihat dari proyeksinya, dari tahun ke tahun yang semakin bertambah.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, angket (kuisioner) dan wawancara. Data yang digunakan untuk proyeksi pertumbuhan penduduk adalah data jumlah penduduk dari tahun 2001 sampai dengan tahun 2005 diambil dari tiap-tiap kecamatan di Kabupaten Jepara.
Sedangkan variabel yang digunakan yaitu untuk penelitian adalah penyebaran penduduk, kematian, efektifitas alat kontrasepsi, kemandulan/kesuburan, kelahiran, pemakaian alat kontrasepsi, lingkungan sosial ekonomi, usia penduduk, frekuensi hubungan seksual, pendapatan seseorang, lokasi tempat tinggal dan pendidikan terakhir.
Dari hasil pengolahan data menggunakan analisis runtun waktu dan didapatkan model yang cocok untuk data jumlah penduduk yaitu ARIMA (1, 2, 1) yang mempunyai bentuk umum Zt = (1 + f1Zt-1 – f1Zt-2 + at + ?1at-1) dengan f1 = -0,448 dan ?1 = – 0,0219, didapatkan jumlah penduduk hasil peramalan untuk tahun 2006 adalah 1.096.913 orang dan untuk tahun 2007 adalah 1.126.789 orang penduduk. Berdasarkan hasil penelitian mengunakan analisis faktor (multivariat) dapat diketahui bahwa dari 10 variabel penelitian yang bisa diuji lanjut tereduksi menjadi 3 faktor yaitu faktor eksternal (perpindahan), faktor internal (kematian) dan faktor fertilitas (kelahiran). Tiga faktor ini menjadi variabel independen (bebas) dan laju pertumbuhan penduduk menjadi variabel dependennya (terikat).
Ternyata benar 3 komponen inilah yang menentukan besarnya jumlah penduduk yaitu kelahiran, kematian dan perpindahan (migrasi). Diharapkan dari hasil penelitian ini dapat mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk agar pihak Kabupaten Jepara dapat mengendalikan pertumbuhan penduduk yang pesat dan penulis sarankan bagi pemakai data kependudukan agar dibuat proyeksi jumlah penduduk karena hampir semua rencana pembangunan perlu ditunjang dengan data jumlah penduduk, persebaran dan susunannya menurut umur penduduk yang relevan dengan rencana tersebut.

Download

PROYEKSI JUMLAH PENDUDUK MENGGUNAKAN MODEL ARIMA DAN ANALISIS FAKTOR (MULTIVARIAT) PADA VARIABEL – VARIABEL YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN PENDUDUK KABUPATEN JEPARA , 5.0 out of 5 based on 29 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets