Rancang Bangun Rangkaian “RLC” untuk Memperkenalkan Kurva Histeresis Magnetik pada Mahasiswa Fisika dalam Mata Kuliah Listrik Magnet

This item was filled under [ Fisika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (29 votes cast)

skripsi jurusan fisika: Rancang Bangun Rangkaian “RLC” untuk Memperkenalkan Kurva Histeresis Magnetik pada Mahasiswa Fisika dalam Mata Kuliah Listrik Magnet

Riza Uldin A. 2005. Skripsi fisika, Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Negeri Semarang.

Telah dilakukan rancang bangun rangkaian RLC untuk menampilkan kurva histeresis magnetik pada layar osiloskop. Komponen-komponen yang baik untuk membuat rangkaian RLC ini terdiri dari resistor R1=1O dan R2=10 kO , kapasitor C = 0,1 µf, serta induktor L= 0,0063 H. Rancang bangun ini menggunakan toroida sebagai sumber medan magnet untuk diketahui kurva histeresis magnetiknya.

Toroida dibuat dengan menggunakan inti besi lunak berjari-jari dalam 2,1 cm dan dililit dengan kumparan berdiameter 0,45 mm. Tampilan berupa kurva histeresis magnetik diperoleh setelah rangkaian RLC dihubungkan ke osiloskop dan pada sumber sinyal berupa Audio Frequensy Generator (AFG). Rangkaian RLC tersebut telah diujicobakan dalam kegiatan pembelajaran pada mahasiswa Prodi Fisika semester V tahun 2005 FMIPA UNNES. Pembelajaran dilaksanakan dalam bentuk demonstrasi dengan desain evaluasi berupa pre-test post-test. Data yang diperoleh dari pre-test dan post-test dianalisis dengan metode statistik. Nilai koefisien korelasi biserial yang diperoleh dari analisis tersebut menunjukkan adanya peningkatan pemahaman mahasiswa yang cukup signifikan dengan tingkat signifikansi sebesar 2,66. Sedangkan dari uji kesamaan hasil dua rata-rata didapatkan hasil antara pre-test dan post-test mengalami perbedaaan yang positif ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil post-test setelah demonstrasi alat. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa alat ini dapat digunakan sebagai alat pembelajaran mata kuliah yang membahas tentang kurva histeresis magnetik.

Download

Rancang Bangun Rangkaian “RLC” untuk Memperkenalkan Kurva Histeresis Magnetik pada Mahasiswa Fisika dalam Mata Kuliah Listrik Magnet, 4.9 out of 5 based on 29 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets