Reaksi a-Pinena dengan Hidrogen Peroksida (H2O2)-Asetonitril dalam Suasana Asam

This item was filled under [ Kimia ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (29 votes cast)

skripsi jurusan kimia: Reaksi a-Pinena dengan Hidrogen Peroksida (H2O2)-Asetonitril dalam Suasana Asam

Irfani, Marvita. 2006. Skripsi kimia, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Semarang.

Salah satu komponen dalam minyak terpentin adalah a-pinena dengan kadar dari 70-85%. Senyawa a-pinena ini terdapat ikatan rangkap dua yang memungkinkan dapat dikonversi menjadi senyawa lain. Derivatisasi a-pinena melalui reaksi epoksidasi dan isomerisasi perlu dilakukan sehingga dapat lebih bermanfaat dan bernilai ekonomi lebih tinggi, misalnya sebagai bahan baku obat-obatan dan parfum.

Pada penelitian ini, telah dicoba mereaksikan a-pinena dengan hidrogen peroksida (H2O2)-asetonitril dalam suasana asam. Kondisi reaksi dijaga kisaran pH 6 dengan menambahkan CH3COOH 0,1 dan 0,05 mmol. Selain itu, juga ditambahkan katalis transfer fasa CTAB (N-cetil-N,N,N-trimetil ammonium bromida) ke dalam reaksi untuk mempercepat reaksi antara fasa air dan fasa organik pada sistem reaksi.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa reaksi a-pinena dengan hidrogen peroksida (H2O2)-asetonitril dalam suasana asam menghasilkan produk isomerisasi (kamfena) dan produk epoksida (a-pinena oksida). Pada penggunaan CH3COOH 0,1 mmol dihasilkan kamfena (10,64%) dan senyawa epoksida (4,49%). Sedangkan pada penggunaan CH3COOH 0,05 mmol dihasilkan kamfena (8,75%) dan a-pinena oksida (3,68%).
Penggunaan asam dalam reaksi a-pinena dengan hidrogen peroksida (H2O2)-asetonitril ini cenderung menghasilkan produk isomerisasi, sehingga senyawa a-pinena oksida sebagai produk utama belum tercapai. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai reaksi reaksi a-pinena dengan hidrogen peroksida dengan melakukan variasi yang lain, seperti pelarut yang lebih polar, waktu pengadukan dan asam yang digunakan agar dapat menghasilkan produk target yang lebih tinggi.

Download

Reaksi a-Pinena dengan Hidrogen Peroksida (H2O2)-Asetonitril dalam Suasana Asam, 5.0 out of 5 based on 29 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets