Sejarah Perkembangan Industri Jamu Tradisional dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Gentasari Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap Tahun 1990-2002

This item was filled under [ sejarah ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (110 votes cast)

Skripsi jurusan sejarah: Sejarah Perkembangan Industri Jamu Tradisional dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Gentasari Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap Tahun 1990-2002

Widiyanti, Hera. 2005. Skripsi jurusan sejarah, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Ketika kondisi pertanian sangat memprihatinkan mengakibatkan pertaniantak mampu lagi memenuhi kebutuhan. Maka muncul usaha mencapaikemakmuran melalui usaha non pertanian. Kegiatan non pertanian ini dilakukanantara lain dengan mengembangan industri. Salah satu industri tersebut adalahindustri jamu tradisional.

Dinegara kita obat tradisional atau jamu tradisional mengalami pasangsurut sesuai dengan riak gelombang kebudayaan pada jamannya. Terdapatbeberapa era yaitu zaman pra-sejarah, zaman Jepang, zaman Bung Karno dan1965 sampai sekarang. Dari fase-fase tersebut telah beberapa kali diadakanpertemuan ilmiah yang membahas tentang penelitian pengobatan tradisional yangmenggunakan tanaman obat, baik dalam arti indikasi, penggunaan uji klinis atauevaluasi efek samping.

Tahun 1990 berdiri perusahaan jamu jawa di Gentasari dan ternyataperusahaan tersebut semakin berkembang. Tahun 1974 mulai diadakanpembinaan-pembinaan dan pemberian bantuan dari pemerintah agar perusahaantersebut dapat meningkatkan aktivitas produksinya. 1978 Himpunan PengrajinJamu Jawa Asli (HPJA) Gentasari yang diketuai oleh Muhajir mendapatkan ijinperusahaan dari pemerintah No. 3231 dan ijin Departemen Kesehatan RI No.113140. hal ini dimaksudkan untuk tetap menjaga kualitas ramuan jamu jawa.

Tujuan yang ingin diungkap dari penelitian ini adalah bagaimana latarbelakang berdirinya industri jamu, perkembangan industri jamu dan pengaruhperkembangan industri jamu tradisional di Gentasari terhadap kehidupan sosialekonomi masyarakatnya.

Penelitian ini mengkaji mengkaji tentang keberhasilan pengusaha industrijamu di Gentasari yang semakin berkembang usahanya dan semakin majukehidupannya karena adanya industri jamu. Faktor-faktor yang menyebabkanusaha industri jamu di Gentasari dapat berkembang menjadi mata pencaharianmasyarakat, antara lain keinginan masyarakat Gentasari unruk melestarikanwarisan dari nenek moyang dan keinginan meningkatkan kesejahteraan sertakejenuhan masyarakat pada bidang pertanian. Kejenuhan masyarakat pada bidangpertanian karena bidang pertanian tidak bisa memberikan kontribusi yang lebihbaik bagi kesejahteraan masyarakat. Melestarikan warisan nenek moyang, karenakegiatan membuat jamu telah mendarah daging maka masyarakat Gentasarimerasa ajib untuk melestarikannya. Meningkatkan kesejahteraan yaitu denganberalih mata pencaharian dari petani ke pengusaha industri jamu.Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuantentang sejarah perkembangan industri jamu tradisional di Desa Gentasari, agardapat memberikan input kepada para pembaca untuk memberikan dukungan dansaran serta peningkatan sumber daya manusia di bidang perindustrian dan agardapat memperkaya khasanah penulisan sejarah, khususnya sejarah perekonomian.Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode sejarah, yangsemuanya ada empat tahap yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi, danhistoriografi. Sehingga nantinya bisa menghasilkan karya yang bisa dikonsumsiuntuk menambah ilmu tentang sejarah perekonomian masyarakat khususnya tahun1990-2002.

Penelitian memperoleh hasil bahwa faktor penyebab industri jamu diGentasari dapat berkembang adalah karena kejenuhan masyarakat pada bidangpertanian. Keinginan melestarikan kegiatan membuat jamu sebagai warisan nenekmoyang dan yang terpenting adalah keinginan meningkatkan kesejahteraan.Berdirinya industri jamu tradisional di desa Gentasari Kecamatan KroyaKabupaten Cilacap telah membawa pengaruh pada kehidupan masyarakatGentasari dalam bidang sosial dan ekonomi. Pada bidang sosial pengaruhnyaadalah semakin melemahnya ikatan kekerabatan masyarakat desa karena adanyapenghargaan terhadap uang, semakin meningkatnya kesadaran penduduk akan artipenting pendidikan yang dapat dilihat dengan banyaknya anak usia sekolah yangtetap melanjutkan sekolahnya, terciptanya kelas menengah baru yaitu golonganwiraswasta, sarana pendidikan dan transportasi meningkat. Sedangkan dari segiekonomi pengaruhnya adalah terbukanya lapangan pekerjaan baru bagimasyarakat sekitar, kesejahteraan masyarakat semakin meningkat yang terlihatdari kondisi rumah, meningkatnya kesejahteraan keluarga dan pergeseran alat transportasi dari tradisional ke modern.

Download

Sejarah Perkembangan Industri Jamu Tradisional dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Gentasari Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap Tahun 1990-2002, 4.9 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets