SEKOLAH PENDIDIKAN DASAR TERPADU DI SEMARANG (PENEKANAN DESAIN ARSITEKTUR ORGANIK

This item was filled under [ architektur ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

Tugas Akhir Prodi Arsitektur: SEKOLAH PENDIDIKAN DASAR TERPADU DI SEMARANG (PENEKANAN DESAIN ARSITEKTUR ORGANIK)

LATIFAH NIKRIROTIN ( 2007 ) Tugas Akhir Prodi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang.

Di tengah maraknya persaingan global, peningkatan kualitas sumber daya manusia sangatlah penting. Dengan tersedianya sumber daya manusia yang berkualitas, maka Negara Indonesia bisa bersaing dengan negara-negara lain dalam rangka persiapan menuju era bebas, yang akan menghapuskan batas-batas kepentingan negara, misalnya dalam bentuk perdagangan, jasa dan sebagainya. Indonesia mempunyai wilayah yang luas dan sumber daya alam yang memadai. Selain itu, Indonesia juga mempunyai sumber daya manusia yang begitu besar sumber daya yang begitu besar, sayangnya tidak diimbangi dengan adanya kualitas yang memadai dari sumber daya manusia tersebut. Indonesia lebih terkenal sebagai pengekspor tenaga kerja kasar dan tidak terdidik, misalnya tenaga kerja pabrik dan buruh rumah tangga di luar negeri.

Salah satu faktor kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas adalah kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya pendidikan. Berbagai upaya pemerintah telah dilakukan, misalnya dengan kebijakan “wajib sekolah sembilan tahun” (setara dengan tingkatan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama), akan tetapi rendahnya tingkat kesadaran masyarakat tentang pentingnya faktor pendidikan juga dipengaruhi sedikit banyak oleh fktor ekonomi masyarakat itu sendiri.
Salah satu upaya perbaikan kesadaran akan pentingnya pendidikan dan mutu pendidikan itu sendiri adalah melalui kegiatan Pendidikan Dasar Terpadu. Pendidikan Dasar Terpadu yang dimaksudkan disini adalah bahwa tiap jenjang dan satuan pendidikan, mulai dari tingkat pra-sekolah (kelompok bermain dan TK), sampai tahap pendidikan sekolah (SD, SLTP), berada dan dikelola oleh pihak yang sama. Artinya, dengan terpadunya jenjang dan satuan pendidikan tersebut, maka para siswa tidak akan terputus dalam hal pendidikannya, sesudah selesai melalui satu jenjang pendidikan. Pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu dan relevansi serta efisiensi manajemen pendidikan. Pemerataan kesempatan pendidikan diwujudkan dalam program ”wajib belajar 9 tahun”. Peningkatan mutu pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya melalui olah hati, olah pikir, olah rasa, dan olah raga, agardimiliki daya saing yang memadai dalam menghadapi tantangan global.
Kota Semarang, sebagai salah satu kota besar dan penting di Indonesia, memiliki potensi penduduk dan investor yang cukup besar. Sementara fasilitas pendidikan yang ada, mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan atas, mewadahi kebutuhan pendidikan masyarakat Semarang dan pendatang. Terbagi menjadi 16 kecamatan, Semarang memiliki jumlah total pendidikan dasar (termasuk TK) sebanyak, 1230 buah yang dihadiri oleh 185.021 murid (Dinas Pendidikan, Data Sekolah tahun 2005, dalam Kota Semarang dalam angka 2005, BPS). Kebutuhan Pendidikan Dasar Terpadu dan profesional yang terus meningkat menyebabkan sekolah-sekolah yang ada saling bersaing. Berangkat dari hal tersebut, perlu adanya tindak lanjut konkret yang berupa fasilitas Pendidikan Dasar Terpadu untuk menampung kebutuhan pendidikan dasar profesional dan bertanggung jawab kepada masyarakat yang bersangkutan (konsep noble industry).

Download

SEKOLAH PENDIDIKAN DASAR TERPADU DI SEMARANG (PENEKANAN DESAIN ARSITEKTUR ORGANIK, 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets