Sikap Institusi Pasangan On the Job Training terhadap Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda SMK PGRI 01 Mejobo Kudus

This item was filled under [ Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan ekonomi: “Sikap Institusi Pasangan On the Job Training terhadap Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda SMK PGRI 01 Mejobo Kudus”

Mohamad Zaenuri. 2005. Skripsi jurusan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Pendidikan Sistem Ganda pada SMK 01 PGRI Mejobo Kudus, dalampelaksanaannya terdapat keluhan-keluhan dan hambatan dari kalangan institusipasangan bahwa keberadaan siswa yang melakukan Pendidikan Sistem Gandadianggap mengganggu proses produksi di perusahaan. Kenyataan ini dibuktikandengan adanya beberapa masalah seperti Institusi Pasangan memperlakukan siswatidak bekerja sesuai dengan keahliannya, siswa hanya diberi pekerjaan akan tetapitidak dibarengi dengan bimbingan yang intensif dari pihak Institusi Pasangan.

Permasalahan yang utama yang perlu dicari jawabannya adalah apakah duniausaha/industri memang sudah memahami konsep PSG atau belum, jika sudahsejauh mana pemahaman dunia usaha/industri tersebut terhadap pelaksanaanpendekatan PSG? Faktor-faktor apa saja yang menghambat pelaksanaanPendidikan Sistem Ganda SMK PGRI 01 Mejobo Kudus menurut pandanganInstitusi Pasangan?

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) sikap Institusi Pasangan On theJob Training terhadap pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda SMK PGRI 01Mejobo Kudus. 2) faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan PendidikanSistem Ganda SMK PGRI 01 Mejobo Kudus menurut pandangan InstitusiPasangan.

Populasi penelitian ini adalah institusi pasangan on the job training SMKPGRI 01 Mejobo Kudus sebanyak 60 tempat. Sampel diambil secara proporsionalrandom sampling sebanyak 42 institusi pasangan, yang terdiri dari 19 koperasi, 9usaha dagang dan 14 instansi pemerintah. Variabel yang diteliti adalah sikapinstitusi pasangan terhadap pelaksanaan PSG dan hambatan-hambatanpelaksanaan PSG. Data diambil dengan teknik angket dan dianalisis menggunakandeskriptif persentase yang diuji perbedaannya mengunakan statistik chi kuadrat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa institusi pasangan PSG sebagianbesar mempunyai sikap positif terhadap pelaksanaan PSG SMK PGRI 01 MejoboKudus. Hal ini dapat dilihat dari sikap institusi pasangan yang mempunyai sikapyang positif terhadap pelaksanaan PSG yaitu perlunya penyusunan programbersama, dokumen kerja sama, sistem organisasi, pembekalan pada siswa danisntruktur, kehadiran guru pembimbing, orientasi PSG pada kurikulum, perlunyapengenalan pekerjaan, bimbingan yang intensif pada siswa, keterbukaan,kebebasan berinovasi, pengawasan kerja, evaluasi hasil kerja secara periodikyang dilakukan oleh pembimbing sekolah dan instruktur yang dicantumkan dalamsertifikat serta perlunya insentif pada instruktur. Ada perbedaan sikap antarakoperasi, usaha dagang, dan instansi pemerintah. Hal ini dibuktikan denganadanya beberapa sikap institusi pasangan yang belum menunjukkan sikap yangpositif yaitu berkaitan dengan: perlunya keleluasaan siswa dalam bekerja, PSGsebagai tempat seleksi pegawai baru, penggunaan fasilitas kerja dan perlakuansiswa yang sama dengan pegawai lain. Kurangnya sikap positif ini karenahambatan yang terjadi pada pelaksanaan PSG yaitu kemampuan siswa yangrendah, kurangnya disiplin, kurangnya kreatifitas dalam bekerja. Kondii inimenyebabkan pihak institusi pasangan kurang memberikan kepercayaan dankeleluasaan untuk menggunakan fasilitas yang ada sebagai sumber belajar.Akhirnya pihak isntitusi pasangan lebih cenderung memperlakukan siswa tidaksama dengan pegawai lainnya. Karena kondisi siswa tersebut, pihak institusipasangan menjadi ragu untuk memanfaatkan PSG sebagai tempat seleksikaryawan baru. Ada beberapa hambatan dalam pelaksanaan PSG SMK PGRI 01Mejobo Kudus yang menurut pihak Institusi pasangan, yaitu antara lain: 1)Kurangnya koordinasi, 2) Kemampuan siswa relatif masih kurang, 3) RahasiaPerusahaan Kepada Siswa, 4) Siswa Kurang Aktif, 5) Adaptasi Lingkungan Kerja,6) Mengganggu Pekerjaan Instruktur, 7) Siswa Tidak Disiplin, 8) Fasilitas Kerjayang Kurang Memadai, 9) Waktu Pelaksanaan PSG Kurang, dan 10) SiswaKurang Kreatif.

Saran berkaitan dengan hasill penelitian ini antara lain: 1) Dari hambatanPSG yang ada, pihak sekolah hendaknya memberikan pembekalan yang lebihkepada siswa tentang kondisi di institusi pasangan berkaitan dengan pekerjaanyang harus dilakukan di tempat latihan, etika kerja dan disiplin kerja. Denganpembekalan tersebut diharapkan siswa mempunyai gambaran dan bekal yangcukup untuk melaksanakan PSG. Pembekalan ini dapat dilakukan dengan caramengundang pihak institusi pasangan ke sekolah untuk memberikan gambaranpekerjaan yang akan dilakukan di tempat latihan. 2) Pihak perusahaan hendaknyalebih memahami bahwa tanggung jawab pendidikan tidak hanya dari pihaksekolah namun juga menjadi tanggung jawab masyarakat (institusi pasanganPSG), sehingga dengan kondisi siswa yang belum mempunyai kemampuan sesuaiharapan dapat dididik dan dilatih secara leluasa dan intensif di tempat latihan.

Download

Sikap Institusi Pasangan On the Job Training terhadap Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda SMK PGRI 01 Mejobo Kudus, 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets