Simulasi Perilaku Material Magnetik Terhadap Gangguan Medan Luar

This item was filled under [ Fisika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan fisika: Simulasi Perilaku Material Magnetik Terhadap Gangguan Medan Luar

Waridin. 2006.Skripsi fisika, Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Negeri Semarang.

Penjelasan mengenai perilaku material magnetik dalam beberapa literatur masih berupa sederetan persamaan matematis yang susah untuk dipahami, dan ditarik simpulannya. Maka diperlukan suatu pemodelan yang sesuai untuk menjabarkan persamaan-persamaan yang muncul dalam bentuk grafik hubungan medan luar (H) dengan perilaku material magnetik.

Program kemagnetan bahan dibuat berdasarkan persamaan matematis yang muncul dalam pokok bahasan perilaku material magnetik menggunakan bantuan software Delphi 7.0. Pembuatan program diawali dengan identifikasi masalah, memodelkan gejala-gejala fisis yang terkait, perancangan tampilan sebagai antar muka dengan pengguna program, dan pengisian listing program. Hasil program dibandingkan kembali dengan literatur untuk menghindari kesalahan konsep.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa material dengan momentum anguler total (J) sama dengan nol akan bersifat diamagnetik, dan ketika diberi gangguan medan luar (H) bahan jenis ini memberikan respon perubahan magnetisasi negatif terhadap perubahan medan luar (H), perubahan magnetisasi muncul dari perubahan pergerakan orbital ketika medan H bekerja. Sedangkan material dengan momentum anguler total (J) tidak sama dengan nol akan berperilaku sebagai bahan paramagnetik atau ferromagnetik ini bergantung dengan besarnya kontribusi intrinsik dari material penyusun. Pada bahan paramagnetik magnetisasi yang terjadi merupakan fungsi temperatur dan medan luar (H), semakin tinggi temperturnya semakin sulit untuk saturasi atau perlu medan luar (H) yang besar supaya terjadi saturasi. Magnetisasi pada bahan feromagnetik juga merupakan fungsi temperatur dan medan luar (H), tetapi magnetisasi yang terjadi tidak sama untuk suatu unit volume di dalam bahan, momen-momen magnet dari elektron yang berdekatan akan saling berinteraksi lebih efektif jika dibandingkan dengan momen magnet elektron yang letaknya jauh. Sehingga saturasi yang terjadi lebih cepat jika dibandingkan pada bahan paramagnetik.

Download

Simulasi Perilaku Material Magnetik Terhadap Gangguan Medan Luar, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets