Simulasi Sisitem Pengambilan dan Pemanggilan Nomor Antrian Berbasis Delphi

This item was filled under [ Teknik elektro ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

Skripsi Jurusan Teknik elektro: Simulasi Sisitem Pengambilan dan Pemanggilan Nomor Antrian Berbasis Delphi

Dani Ispandi, 2007. Skripsi Teknik elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang.

Teknologi pemrograman melalui komputer pada masa sekarang ini mengalami perkembangan pesat. Hal ini menunjukan suatu kecenderungan yang mengarah kepada pengembangan suatu sarana teknologi yang lebih praktis, efisien dan ekonomis untuk mempermudah dan mempercepat aktivitas manusia. Melalui program Delphi salah satu bahasa program yang bekerja di bawah lingkup sistem operasi Windows, kita dapat membuat sistem aplikasi otomatis melalui komputer sebagai sarana kontrol. Aplikasi yang dibuat oleh penulis yaitu berupa sistem antrian.

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah membuat sistem perangkat lunak melalui program Delphi yang dapat digunakan untuk mengatur atau mengontrol pengambilan dan pemanggilan nomor antrian pada loket. Pembuatan aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan aktifitas dan efektifitas petugas loket antrian dalam melakukan pelayanan transaksi (rekening listrik, rekening telepon, dan rekening PDAM, dan lain-lain) sehingga antrian dapat berjalan tertib.Dalam mrealisasikan penulisan skripsi ini, menggunakan metode pendekatan. Metode yang digunakan untuk menyusun penelitian ini adalah metode eksperimen, untuk menyelesaikan persoalan sistem antrian dilakukan dengan membangun model percobaan simulasi yang berupa prototipe. Perancangan perangkat lunak menggunakan bahasa pemrograman Delphi yang dimodifikasi dengan bahasa Assembler untuk menterjemahkan input atau output pada peripheral melalui port paralel.
Kinerja perangkat simulasi sistem antrian untuk mengatur dan mengontrol pengambilan dan pemanggilan nomor antrian berdasarkan pada asas tata tertib “masuk pertama, keluar pertama” (FIFO = First-In, First-Out) Sistem antrian tidak akan bekerja sebelum tombol cetak di on-kan. Seteleh tombol cetak diaktifkan maka akan keluar print out antrian yang berisi nomor urut antrian. Tombol loket pada operator akan aktif apabila sudah ada proses pencetak nomor antrian, selanjutnya saat tombol loket di on-kan akan terdengar suara pemanggilan untuk nomor antrian yang telah dicetak. Bersamaan dengan suara pemanggilan dengan bantuan interface parallel port melalui pengalamatan LPT1 $378 akan memberikan output pada rangkaian seven segment untuk menampilkan sejumlah angka sesuai dengan urutan suara pemanggilan
Saran yang disampaikan bahwa program ini dirancang sebagai simulasi. Jadi untuk seterusnya, perlu dikembangkan lebih lanjut. Pemanfaatan interface untuk lebih memaksimalkan kerja dari port parallel sebaiknya menggunakan IC PPI (Programmable Peripheral Interface). Karena IC ini dirancang untuk membuat port input dan output parallel komputer yang hanya memiliki 8 bit dapat menjadi 24 bit, sehingga angka pada rangkaian seven segment lebih dari 2 digit.

Download

Simulasi Sisitem Pengambilan dan Pemanggilan Nomor Antrian Berbasis Delphi, 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets