Sistem Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Pada PT. Pelayaran Nasioal Indonesia Cabang Semarang

This item was filled under [ Akuntansi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.7/5 (116 votes cast)

Skripsi jurusan akuntansi: Sistem Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Pada PT. Pelayaran Nasioal Indonesia Cabang Semarang

Ida Ayu Rosita. 2005. Skripsi jurusan akuntansi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Kas adalah saldo kas perusahaan yang berasal dari penghasilan yang akan disetorke bank dan dapat diambil sewaktu-waktu guna membiayai pengeluaran ataukeperluan perusahaan. Kas terdiri dari saldo kas (cash on hand) dan rekening giro.Arus masuk dan arus keluar kas disebut arus kas. PT. Pelayaran NasionalIndonesia (PT. Pelni) merupakan satu-satunya Perusahaan milik Negara yangbergerak di bidang jasa pelayaran, transaksi penerimaan dan pengeluaran kassecara tunai sarat terjadi, sehingga fenomena ini layak untuk diteliti lebih dalam.

Permasalahan yang dikaji dalam Tugas Akhir ini adalah (1) Bagaimanakah sistemakuntansi penerimaan kas pada PT. Pelni Cabang Semarang? (2) Bagaimanakasistem akuntansi pengeluaran kas pada PT. Pelni Cabang Semarang? Adapuntujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah (1) Mendiskripsikan danmenganalisis sistem akuntansi penerimaan kas pada PT. Pelni Cabang Semarang,(2) Mendiskripsikan dn menganalisis sistem akuntansi pengeluaran kas pada PT.Pelni Cabang Semarang.

Objek kajian dalam hal ini adalah sistem akuntansi penerimaan danpengeluaran kas pada PT. Pelni Cabang Semarang yang berlokasi di jalan MpuTantular No.25-27 Semarang.

Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipatorik,interview, dan dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan yaitu analisiseksploratif dan disajikan dalam analisis diskriptif.

Hasil kajian menunjukkan bahwa sistem akuntansi penerimaan danpengeluaran kas pada PT. Pelni Cabang Semarang secara umum baik, namunmasih terdapat poin-poin tertentu yang dinilai belum cukup baik. Yaitu, tidakdiselenggarakannya sistem dana kas kecil untuk pengeluaran kas secara tunaiyang jumlahnya relatif kecil, belum dibentuk Fungsi pemeriksa intern terhadapsaldo kas, pengeluaran kas secara tunai kadang masih diambilkan dari saldo kasyang bersumber dari penghasilan. Ada hal yang perlu ditambahkan, bahwasebaiknya dalam penyelenggaraan dana kas kecil Pada PT. Pelni CabangSemarang digunakan imprest system (sistem dana tetap), dengan demikianperusahaan dapat memanfaatkan catatan bank sebagai unsur pengendalian intern.

Download

Sistem Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Pada PT. Pelayaran Nasioal Indonesia Cabang Semarang, 4.7 out of 5 based on 116 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

One Comment on “Sistem Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Pada PT. Pelayaran Nasioal Indonesia Cabang Semarang”

  • vera
    12 June, 2012, 9:33

    mao download file ny, kox mlah di blang ” file yg bersangkutan dapat membahayakan komputer anda”.
    kox gtu c, 
    tlong donx di bnerin ,biar bisa d buka n di download, 

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets