Sistem Akuntansi Penerimaan Kas pada Koperasi Karyawan PT. Djarum Kudus Tahun 2006

This item was filled under [ Akuntansi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan Akuntansi: Sistem Akuntansi Penerimaan Kas pada Koperasi Karyawan PT. Djarum Kudus Tahun 2006

Dwi Aninda Apriliana, 2007. Skripsi akuntansi, Fakultas ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Kas merupakan aktiva perusahaan yang sangat mudah untuk membiayai kegiatan suatu perusahaan. Disamping itu, kas merupakan salah satu unsur modal kerja yang paling tinggi tingkat likuiditasnya. Semakin besar jumlah kas yang dimiliki oleh suatu perusahaan akan semakin tinggi pula tingkat likuiditasnya. Untuk itu perlu adanya pengelolaan yang baik. Sistem akuntansi penerimaan kas adalah suatu sistem yang dibuat untuk menangani transaksi penerimaan kas baik dari penjualan tunai maupun piutang yang siap digunakan untuk kegiatan umum perusahaan.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah sistem akuntansi penerimaan kas yang digunakan pada Koperasi Karyawan PT. Djarum Kudus ? Apa saja yang menjadi sumber-sumber penerimaan kas pada Koperasi Karyawan PT. Djarum Kudus ? Bagaimanakah sistem pengendalian intern pada Koperasi Karyawan PT. Djarum Kudus ?
Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui bagaimanakah sistem akuntansi penerimaan kas pada Koperasi Karyawan PT. Djarum Kudus, Mengetahui efektifitas sistem akuntansi penerimaan kas pada Koperasi Karyawan PT. Djarum Kudus di tinjau dari kajian teoritis yang lazim ditempuh pada sistem akuntansi pada umumnya.
Objek penelitian ini adalah Koperasi Karyawan PT. Djarum Kudus. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi pada Koperasi Karyawan PT. Djarum Kudus. Data yang dikumpulkan di analisis dengan metode analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem akuntansi pada Koperasi Karyawan PT. Djarum Kudus belum efektif, karena masih ada perangkapan fungsi, dokumen pendukung dan catatan akuntansi yang masih sangat sederhana. Saran yang diberikan adalah sebaiknya adanya standarisasi untuk mengantisipasi resiko, perlu dihindari perangkapan fungsi, perlu pengembangan dokumen pendukung dan catatan yang digunakan dalam sistem penerimaan kas untuk menghindari terjadinya penyimpangan dan supaya lebih efektif.

Download

Sistem Akuntansi Penerimaan Kas pada Koperasi Karyawan PT. Djarum Kudus Tahun 2006, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets