SISTEM AKUNTANSI PENERIMAAN KAS PADA PD. BPR BKK BLORA KOTA CABANG JEPON

This item was filled under [ Akuntansi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi Jurusan AKUNTANSI : SISTEM AKUNTANSI PENERIMAAN KAS PADA PD. BPR BKK BLORA KOTA CABANG JEPON

Anita Risdiyani , 2007: Skripsi Jurusan AKUNTANSI ,FAKULTAS ekonomi,UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2007

Lembaga Perbankan (Bank) sebagai salah satu lembaga keuangan mempunyai nilai strategis dalam kehidupan perekonomian suatu negara. Untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan, perusahaan akan menggunakan sistem yang paling sesuai dengan aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan. Sistem akuntansi penerimaan kas adalah sistem yang menangani transaksi-transaksi yang berhubungan dengan penerimaan kas. Kas dalam neraca merupakan aktiva yang paling likuid dan hampir setiap transaksi yang dilakukan perusahaan dengan pihak luar selalu berpengaruh pada kas. Pada sistem akuntansi penerimaan kas PD.

BPR BKK Blora Kota Cabang Jepon transaksi penerimaan kasnya berasal dari setoran tunai yaitu dari setoran penerimaan tabungan dan setoran angsuran atau pelunasan kredit. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah mengenai sistem akuntansi penerimaan kas yaitu apa saja fungsi yang terkait, apa saja catatan akuntansi yang digunakan, apa saja dokumen yang digunakan, bagaimana pengendalian internnya dan bagaimana prosedur yang membentuk sistem akuntansi penerimaan kasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi yang terkait, catatan akuntansi yang digunakan, dokumen yang diperlukan, pengendalian intern dalam sistem penerimaan akuntansi penerimaan kas serta prosedur yang membentuk sistem akuntansi penerimaan kas.
Lokasi penelitian di PD BPR BKK Blora Kota Cabang Jepon yang beralamat di Jl. Raya Blora-Cepu Km 7 kecamatan Jepon kabupaten Blora. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan disajikan dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Dalam sistem akuntansi penerimaan kas pada PD. BPR BKK Blora Kota Cabang Jepon fungsi yang terkait adalah kasir, seksi dana, seksi kredit dan seksi pembukuan. Catatan akuntansi yang digunakan adalah buku mutasi kas, kartu tabungan, kartu pinjaman, rekap mutasi harian dan rekap harian. Dokumen yang digunakan adalah slip penerimaan tabungan, bukti setor pinjaman, slip jurnal dan daftar transaksi harian kasir. Pengebdalian internnya meliputi organisasi, sistem otorisasi dan pencatatan serta praktik yang sehat. Prosedur yang membebtuk sistem berupa bagan alir (flowchart).
Hasil penelitian menunjukan bahwa Sistem Akuntansi Penerimaan Kas Pada PD. BPR BKK Blora Kota Cabang Jepon sudah cukup bagus karena telah menggunakan slip setoran tunai yang bernomor urut tercetak dan telah menggunakan sistem komputerisasi, namun penulis memberikan alternatif rancangan sehingga fungsi yang terkait adalah fungsi kasir, seksi dana, seksi kredit dan seksi pembukuan, dengan perbedaan bahwa tugas untuk mengotorisasi slip setoran tunai diserahkan semuanya pada fungsi kasir. Pada unsur pengendalian internnya perlu adanya fungsi pemeriksa intern pada perusahaan.

Download

SISTEM AKUNTANSI PENERIMAAN KAS PADA PD. BPR BKK BLORA KOTA CABANG JEPON, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets