Sistem Akuntansi Penerimaan Kas pada PT. Techpack Asia Demak

This item was filled under [ Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan ekonomi : Sistem Akuntansi Penerimaan Kas pada PT. Techpack Asia Demak

Septiana Dewi. 2005. Jurusan ekonomi , Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang.

Kas dalam neraca merupakan jenis aktiva lancar yang paling liquid karenahampir setiap transaksi baik yang dilakukan di dalam maupun dengan pihak lurperusahaan sebagian besar mempengaruhi kas. Sistem akuntansi penerimaan kasdapat menjelaskan dan menggambarkan aliran penerimaan kas serta menjaminkeamanan dan pengendalian kas tersebut. Dengan demikian sistem akuntansi yangdisusun tersebut akan memberi informasi penerimaan kas. Pokok permasalahan yangdirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem penerimaan kas yang adapada PT. Techpack Asia Demak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuisystem akuntansi penerimaan kas pada PT. Techpack Asia Demak.

Lokasi penelitian ditetapkan pada PT. Techpack Asia Demak yangberalamatkan di Jl. Raya Karangawen Km 18 kec Karangawen kab Demak. Objekkajian dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem penerimaan kas pada PT.Techpack Asia Demak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metodedokumentasi, wawancara, dan observasi. Penyajian data penelitian ini denganmenggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan menggambarkan kenyataanyang terjadi bersifat umum dan kemungkinan masalah yang dihadapi serta solusinya.

Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yaitu analisis yangtidak didasarkan pada perhitungan statistik yang berbentuk kuantitatif (jumlah) akantetapi dalam bentuk pernyataan dan uraian yang selanjutnya akaan disusun secarasistematis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem akuntansi penerimaan kas padaPT. Techpack Asia Demak berasal dari pelunasan piutang mengingat sulitnyapembayaran dari customer melalui penjualan tunai. System penerimaan kas daripiutang dilakukan melalui penagih perusahaan dan trasfer antar bank. Uang kas yangditerima dari pelunasan piutang baik melalui penagih perusahaan maupun trasferantar bank langsung disetor ke bank perusahaan yaitu HSBC. Pelunasan piutangdengan transfer antar bank dilakukan mengingat banyaknya customer yang berasaldari luar kota bahkan dari luar negeri. Bagian-bagian yang terkait dalam systemakuntansi penerimaan kas PT. Techpack Asia Demak yang berasal dari pelunasanpiutang melalui transfer antar bank maupun penagih perusahaan yaitu bagian piutang/penjualan, bagian akuntansi bagian kas dan bagian pemeriksa intern. Dokumen yangdigunakan dalam system akuntansi penerimaan kas melalui transfer antar bank yaituinvoice dan bukti bank masuk. Sedangkan dokumen yang digunakan dalam systemakuntansi penerimaan kas melalui penagih perusahaaan yaitu invoice, kuitansi, bukticheque/ BG masuk, bilyet giro dan bukti bank masuk.Catatan akuntansi yangdigunakan dari pelunasan piutang baik melalui transfer antar bank maupun penagihperusahaan yaitu jurnal bank masuk (bank receive journal) dan rekonsiliasi bank.Pengendalian intern yang ada di perusahaan yaitu pemisahan fungsi antara bagiankasir dengan bagian akuntansi, memakai rekening bank dalam penerimaan piutang,adanya rekonsiliasi bank dan pemeriksaan catatan akuntansi setiap hari.

Saran bagi PT. Techpack Asia Demak, diharapkan dapat lebih memperketatpengawasan terhadap penerimaan kas supaya idak terjadi penyelewengan tehadappenerimaan kas. Serta ketegasan pada bagian penjualan dalam melakukan penagihanpiutang pada customer

Download

Sistem Akuntansi Penerimaan Kas pada PT. Techpack Asia Demak, 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets