Sistem Akuntansi Penjualan Kredit Suku Cadang pada P.T. Astra International, Tbk. HSO Cabang Semarang

This item was filled under [ Akuntansi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (29 votes cast)

skripsi akuntansi: Sistem Akuntansi Penjualan Kredit Suku Cadang pada P.T. Astra International, Tbk. HSO Cabang Semarang

Gita Oktiar. 2006. Skripsi akuntansi, Fakultas ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Peranan sistem akuntansi penjualan kredit dalam aktivitas bisnis sangatlah penting untuk menangani kegiatan operasional perusahaan guna memenuhi kebutuhan manajemen dan untuk kepentingan pengambilan keputusan. Setiap sistem akuntansi dirancang untuk memberikan pengawasan yang memadai guna menjamin semua transaksi telah dicatat, diotorisasi secara tepat, valid, akurat, dan dapat melindungi aktivitas perusahaan yang efektif dan efisien. Namun kebenaran argumen ini perlu dibuktikan melalui kegiatan penelitian guna memperoleh jawaban yang akurat.

Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah fungsi-fungsi yang terkait, dokumen yang digunakan, catatan akuntansi yang digunakan, prosedur-prosedur yang digunakan dan unsur pengendalian intern. Pembatasan permasalahan meliputi : pengertian sistem akuntansi penjualan kredit, fungsi-fungsi yang terkait dalam sistem akuntansi penjualan kredit, dokumen-dokumen yang digunakan, catatan akuntansi yang digunakan, prosedur-prosedur yang digunakan, dan unsur pengendalian intern. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui fungsi-fungsi yang terkait, dokumen-dokumen yang digunakan, catatan akutansi yang digunakan, jaringan prosedur yang membentuk sistem dan unsur pengendalian intern dalam sistem akuntansi penjualan kredit suku cadang di Astra Semarang.
Obyek kajian dalam penelitian ini adalah gambaran umum Astra Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, interview atau wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan akuntansi penjualan kredit terdapat perangkapan fungsi AR Part Controller namun demikian tidak menimbulkan dampak negatif bagi perusahaan disebabkan masih terdapat internal check dari masing-masing fungsi yang terkait.
Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa sistem akuntansi penjualan kredit suku cadang telah terlaksana cukup baik dengan melibatkan berbagai fungsi untuk penanganan transaksi pencatatan akuntansi penjualan kredit sehingga dapat digunakan sebagai alat pengendalian intern bagi perusahaan guna penyediaan alat yang valid, akurat, dan mendukung aktivitas bisnis yang efektif dan efisien.
Saran yang penulis sampaikan yaitu perusahaan perlu merancang dokumen pendukung dari setiap transaksi yang terjadi, khususnya transaksi yang mempengaruhi penjualan kredit suku cadang sebagai sahihnya transaksi yang direkam dalam dokumen sumber.

Download

Sistem Akuntansi Penjualan Kredit Suku Cadang pada P.T. Astra International, Tbk. HSO Cabang Semarang, 5.0 out of 5 based on 29 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets