Sistem Database Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Harapan Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal Dengan Program Visual Basic 6.0

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan matematika: Sistem Database Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Harapan Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal Dengan Program Visual Basic 6.0

Prasetyo Utomo,. 2006. Skripsi matematika, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Koperasi sebagai salah satu bentuk organisasi merupakan unit pelaksana teknis bidang kesejahteraan anggota dalam hal ini khususnya pegawai negeri yaitu guru-guru yang berada di Kecamatan Gemuh. Dalam kegiatan koperasi tidak lepas dari data-data yang dapat berubah sewaktu-waktu dengan jumlah data yang sangat besar. Perubahan data tersebut harus tersimpan dengan baik. Dalam pengelolaan data kebanyakan dari pihak koperasi menggunakan sistem pemrosesan manual, dimana data yang ada berupa setumpik rekaman yang disimpan dalam rak-rak berkas. Dengan demikian butuh sebuah solusi dalam menangani data yang besar. Komputer dalam hal ni merupakan sebuah solusi yang dapat mengatasi hal tersebut yaitu dalam hal pengelolaan data-data koperasi.

Permasalahan dalam kegiatan ini mencakup tiga permasalahan, pertama bagaimana perancangan basis data di KPRI Harapan Kecamatan Gemuh, kedua bagaimana susunan dan tata bahasa program untuk dapat menghasilkan program-program basis data dengan menggunakan software Microsoft Visual Basic 6.0, ketiga bagaiman cara atau proses kerja sehingga dapat menghasilkan program basis data di KPRI Harapan Kecamatn Gemuh. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk merancang kemudian menerapkan dalam tata bahasa program selanjutnya dilakukan penganalisaan cara kerja program sehingga terbentuk sebuah program yang berguna bagi pihak koperasi khususnya dalam penanganan system penjualan dan pembelian barang.
Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah merancang dan membuat program basis data system penjualan dan pembelian barang melalui beberapa tahapan. Tahapan-tahapan tersebut antara lain membuat rancangan diagram alir program, diagram entity relationship, menterjemahkan diagram alir program ke dalam tata bahasa program microsoft visual basic 6.0, membuat program, dan menguji program. Pengujian yang dilakukan terhadap program meliputi uj modul, uji pengembangan dan uji operasional.
Hasil dari kegiatan ini adalah sebuah program basis data yang dapat membantu pihak koperasi dalam melakukan pengelolaan data. Basis data yang dibuat adalah basis data sistem penjulan dan pembelian barang pada KPRI Harapan Kecamatan Gemuh Kendal
Berdasarkan hasil kegiatan diatas disarankan kepada pihak koperasi supaya menggunakan teknologi komputer dalam melakukan kegiatan koperasi untuk keefektifan dan kecepatan dalam kegiatan. Selain itu kepada pihak lain diharapkan melakukan pengembangan software-sofware basis data koperasi untuk meningkatkan kualitas pengelolaan koperasi.

Download

Sistem Database Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Harapan Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal Dengan Program Visual Basic 6.0, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets