Sistem Keamanan Email

This item was filled under [ Ilmu Komputer ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (38 votes cast)

Skripsi Ilmu Komputer : Sistem Keamanan Email

Fendi Arie Wibowo
Program Studi Sistem Informasi
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika

E-mail sudah digunakan orang sejak awal terbentuknya internet pada sekitar tahun 1969 dan merupakan salah satu fasilitas yang ada pada saat itu. Sesuai dengan perkembangan internet, penggunaan email ini juga semakin membesar walaupun pada saat ini persentasinya sudah turun karena adanya sebuah fasilitas baru di internet yang dikenal sebagai Web. Salah satu alasan kenapa email dipakai orang karena memberikan cara yang mudah dan cepat dalam mengirimkan sebuah informasi. Selain itu dengan email dapat juga informasi yang ukurannya kecil sampai ke file yang ukurannya besar.

Namun sifat e-mail yang memanfaatkan penghantar elektronik tak sepenuhnya dimaksudkan sebagai medium pribadi karena menyimpan potensi bahaya penyalah gunaan yang bukan saja menjengkelkan tetapi juga dapat bersifat fatal.
Ketika kita mengirimkan suatu e-mail, maka e-mail tersebut disampaikan ke suatu sistem komputer yang mungkin kita tidak mengetahui administratornya. Dari komputer tersebut disampaikan ke sistem komputer lain, dan yang lainnya, dan lainnya, sampai kepada penerima yang dituju. Pada beberapa link di rantai ini, e-mail kita dapat dibaca oleh siapa saja yang diinginkan system administrator , atau oleh suatu biro penyelidikan yang sedang mencurigai suatu aktivitas kejahatan, atau berbagai kemungkinan lainnya. Tetapi secara ringkasnya adalah ketika kita mengirimkan suatu e-mail, kita tidak mengetahui siapa yang membaca pesan itu, penerima yang diharapkan ataupun barangkali orang lain.
Kerahasiaan email terancam bukan oleh para hacker, melainkan para system administrator sendiri. Para system administrator terkadang bosan tidak tahu apa yang harus dikerjakan selain membaca-baca email orang. Mereka dapat melakukannya tanpa sedikit pun meninggalkan jejak. Cara mengatasi hal ini adalah dengan mengenkripsi email anda. GNU Privacy Guard (GnuPG, atau GPG) adalah sistem enkripsi key public. Program ini di instal pada semua mesin DICE Linux. GnuPG adalah suatu re-implementasi GNU dari program PGP (Pretty Good Privacy) Phil Zimmerman’s, memenuhi spesifikasi OpenPGP, Zimmerman yang pertama menulis dan mendistribusikan PGP.

untuk mendownload silakan klik link di bawah ini
Download di sini

Sistem Keamanan Email, 4.9 out of 5 based on 38 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

One Comment on “Sistem Keamanan Email”

  • 9 August, 2012, 3:55

    Apa ni harus menggunakan lenux sobat..??

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets