Sistem Kearsipan Pada Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah

This item was filled under [ Manajemen ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan manajemen: “ Sistem Kearsipan Pada Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah”

RIRIN IRMAWATI. 2006. Skripsi manajemen, Fakultas ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Setiap kantor baik pemerintah maupun swasta memerlukan suatu sistem kearsipan yang baik guna kelancaran dalam melakukan berbagai kegiatan administrasi. Dan yang terpenting dapat mendukung tercapainya tujuan suatu organisasi. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem kearsipan yang baik guna memperlancar dalam pengambilan keputusan dan kegiatan kearsipan lainnya.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Sistem kearsipan apa yang digunakan pada Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah? (2) Bagaimana pengurusan dan pengendalian surat pada Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah? (3) Kendala-kendala apa sajakah yang dihadapi dalam kegiatan kearsipan pada Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah.?
Lokasi penelitian di Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah Jalan Jenderal Gatot Soebroto (Tarubudaya) Ungaran. Objek kajian dari penelitian ini adalah sistem kearsipan pada Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis deskriptif kualititif.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa sistem kearsipan yang digunakan pada Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah adalah sistem abjad dan pokok soal. Pengurusan dan pengendalian surat pada Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah sudah berjalan baik sesuai prosedur yang ada. Sedangkan kedala-kendala yang dihadapi dalam kegiatan kearsipan antara lain: pengurusan dan pengendalian surat yang masuk tidak langsung diproses akan tetapi menunggu surat terkumpul, ruang penyimpanan arsip masih bercampur dengan ruang kerja, tata kerja kearsipan yang tidak mengikuti perkembangan ilmu kearsipan, kurang adanya kesadaran pegawai terhadap peran dan pentingnya arsip, serta pengamanan dan pemeliharaan arsip kurang maksimal.
Berdasarkan kesimpulan maka penulis memberi saran sistem kearsipan yang digunakan harus dapat dimengerti, mudah dipahami dan dilaksanakan dengan baik, pengurusan dan pengendalian surat perlu ditingkatkan guna kelancaran dalam pemrosesan surat, dan kendala-kendala yang dihadapi dalam kegiatan kearsipan perlu diatasi dan ditindak lanjuti jika dilihat dari aspek sumber daya manusia yaitu perlu ditingkatkan kualitas sumber daya manusia supaya dapat menerapkan ilmu yang dimiliki serta meningkatkan kesadaran para pegawai terhadap peran dan pentingnya arsip. Jika dilihat dari aspek lingkungan maka ruang penyimpanan arsip sebaiknya dipisah dengan ruang kerja serta pemeliharaan dan pengamanan arsip harus ditingkatkan supaya lebih efektif dan efisien.

Download

Sistem Kearsipan Pada Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets