SISTEM PEMBERIAN KREDITPADA PT. BPR MEKAR NUGRAHA KLEPU

This item was filled under [ Akuntansi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (29 votes cast)

skripsi Akuntansi: SISTEM PEMBERIAN KREDITPADA PT. BPR MEKAR NUGRAHA KLEPU

Putri, Dian Anggari. 2006. skripsi Akuntansi, Fakultas ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Perkembangan perekonomian Indonesia memunculkan bank-bank yangmenawarkan berbagai fasilitas layanan. Sebagai lembaga keuangan yang berfungsimenyimpan dana dari masyarakat dan menyalurkannya dalam bentuk pinjaman, bankberusaha memberikan kemudahan dalam layanan pemberian kredit. Namun, padaumumnya masih banyak masyarakat yang kurang memahami tata cara dan syaratpemberian kredit. Oleh sebab itu permasalahan yang dikemukakan dalam penelitianini adalah bagaimana pelaksanaan sistem pemberian kredit pada PT. BPR MekarNugraha Klepu yang meliputi fungsi-fungsi yang terkait, dokumen yang dibutuhkan,catatan akuntansi yang digunakan, jaringan prosedur, bagan alir, dan apa saja unsur-unsur pengendalian intern yang digunakan, serta bagaimana efektivitas sistempemberian kredit tersebut. Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untukmengetahui pelaksanaan sistem pemberian kredit dan menganalisiskeefektivitasannya.

Metode pengumpulan data pada Tugas Akhir ini menggunakan metodeinterview, metode dokumentasi, dan metode observasi. Sedangkan metode analisisdata yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ada padaPT. BPR Mekar Nugraha Klepu. Objek kajian dalam penelitian ini adalah bagaimanapelaksanaan sistem pemberian kredit pada PT. BPR Mekar Nugraha Klepu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pemberian kredit pada PT. BPRMekar Nugraha Klepu sudah baik, ini dibuktikan dengan berkembangnya usahaperkreditan dimana kredit maksimal yang diberikan kepada kreditur sudah mencapaiRp 500.000.000,00. Sistem yang diterapkan juga sudah efektif. Hal ini dilihat darifungsi-fungsi internal yang terkait telah bekerja sesuai dengan tugasnya. Disampingitu dokumen dan catatan akuntansi yang digunakan sudah sesuai kebutuhan dancukup memadai.
Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa sistem pemberian kredit padaPT. BPR Mekar Nugraha Klepu sudah baik dan efektif. Namun, dalam pencatatanakuntansinya sebaiknya mengklasifikasikan transaksi keuangan ke dalam jurnalkhusus, yaitu jurnal penerimaan kas, jurnal pengeluaran kas, dan jurnal umum.
Dokumen yang digunakan seperti kwitansi, bukti penerimaan kas, dan buktipengeluaran kas sebaiknya menggunakan nomor urut tercetak.

Download

SISTEM PEMBERIAN KREDITPADA PT. BPR MEKAR NUGRAHA KLEPU, 4.9 out of 5 based on 29 ratings
Tagged with: [ ]
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets