Sistem Penagihan Pajak Bumi dan Bangunan di Kantor Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan Ungaran

This item was filled under [ Akuntansi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (111 votes cast)

Tugas akhir akuntansi : Sistem Penagihan Pajak Bumi dan Bangunan di Kantor Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan Ungaran

Ila Nurjanah. 2005. Skripsi jurusan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Masyarakat yang hidup dalam suatu negara pasti akan berurusan dengan pajaksebab membayar pajak merupakan suatu bentuk tanggung jawab warga negara dalammenjalankan kehidupan bernegaranya. Pemerintah selaku fiskus pajak berharap agarwajib pajak membayar pajak tepat waktu sehingga pajak mestinya bisa tertagih.Namun dalam kenyataanya masih dijumpai adanya tunggakan pajak sebagai akibattidak dilunasinya hutang pajak sebagaimana mestinya. Terhadap tagihan pajak yangtak tertagih tersebut perlu diadakan penagihan pajak sehingga pajak yang tak tertagihdapat terlunasi. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana Sistem Penagihan Pajak Bumi dan Bangunan di KP PBB Ungaran ? (2)Bagaimana Alternatif Rancangan Sistem Penagihan Pajak Bumi dan Bangunan di KPPBB Ungaran ? Kajian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana SistemPenagihan Pajak Bumi dan Bangunan di KP PBB Ungaran. (2) Untuk mengetahuibagaimana Alternatif Rancangan Sistem Penagihan Pajak Bumi dan Bangunan di KPPBB Ungaran.

Objek kajian ini adalah Sistem Penagihan Pajak Bumi dan Bangunan diKantor Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan Ungaran. Subjek kajian ini adalahKantor Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan Ungaran yang berlokasi di JalanDiponegoro No. 190 Ungaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalahmetode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan metode yang dipakai dalammenganalisa data adalah metode kualitatif. Hasil kajian memberikan informasitentang unsur-unsur yang terkait dalam sistem penagihan Pajak Bumi dan Bangunandi Kantor Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan meliputi : 1) Bagian-bagian yangterkait, 2) Dokumen yang digunakan, 3) Catatan yang digunakan, 4) Prosedur yangdigunakan, 5) Bagan alir sistem penagihan Pajak Bumi dan Bangunan di KantorPelayanan Pajak Bumi dan Bangunan Ungaran.

Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem penagihan Pajak Bumidan Bangunan di KP PBB Ungaran sudah cukup bagus namun masih ada beberapahal antara lain : tidak adanya bagian akuntansi sehingga tidak ada pencatatan kejurnal penerimaan kas dan tidak ada bagian jurusita sehingga banyak wajib pajakyang tidak mematuhi peraturan dalam membayar pajak. Untuk mencegah adanyapenyimpangan-penyimpangan kas maka dipandang perlu adanya bagian akuntansidan pentingnya bagian jurusita. Dan untuk Kantor Pelayanan Pajak Bumi danBangunan agar lebih meningkatkan kinerjanya sehingga kelemahan-kelemahan dapatdiatasi. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi peneliti yang akan melakukanpenelitian selanjutnya, khususnya yang berkaitan dengan penulisan ini, dan dapatmenambah informasi kajian dalam penelitian yang akan datang.

Download

Sistem Penagihan Pajak Bumi dan Bangunan di Kantor Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan Ungaran, 4.8 out of 5 based on 111 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets