Sistem Penarikan Aktiva Tetap Berwujud (Studi Kasus pada PT PLN Distribusi Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta).

This item was filled under [ Akuntansi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (111 votes cast)

Tugas akhir akuntansi : Sistem Penarikan Aktiva Tetap Berwujud (Studi Kasus pada PT PLN Distribusi Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta).

Sari, Endah Puspita. 2005. Skripsi jurusan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Aktiva tetap berwujud merupakan asset yang bernilai paling besar pada PTPLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY, akan tetapi kebijakan pengelolaan aktivatetap berwujud PT PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY merupakan kebijakanyang terpusat begitu pula sistem penarikan aktiva tetap berwujud, sehinggabanyak menimbulkan kendala. Permasalahan dalam kajian ini adalah : (1)Bagaimana pengendalian intern aktiva tetap berwujud PT PLN Distribusi JawaTengah dan DIY, (2) Bagaimana cara mengukur masa manfaat aktiva tetapberwujud PT PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY, (3) Bagaimana prosedurpenarikan aktiva tetap berwujud PT PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY.

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mendeskripsikanmengenai : (1) Pengendalian intern aktiva tetap berwujud PT PLN Distribusi JawaTengah dan DIY, (2) Cara mengukur masa manfaat aktiva tetap berwujud PT PLNDistribusi Jawa Tengah dan DIY, (3) Prosedur penarikan aktiva tetap berwujudPT PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY.

Objek kajian dalam penelitian ini adalah pengendalian intern aktiva tetapberwujud, masa manfaat aktiva tetap berwujud dan prosedur penarikan aktivatetap berwujud. Subjek kajian penelitian adalah PT PLN Distribusi Jawa Tengahdan DIY.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam kajian ini adalahkuesioner dan dokumentasi. Metode analisa data yang dipakai adalah metodedeskriptif kualitatif.

Hasil kajian menunjukkan bahwa pada dasarnya pengelolaan aktiva tetapberwujud PT PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY, khususnya sistem penarikanaktiva tetap berwujud sudah cukup baik. Pada pengendalian intern aktiva tetapberwujud bagian akuntansi tidak terpisah dengan bagian aktiva tetap, dan padapraktik yang sehat tidak ada pencocokan fisik aktiva tetap berwujud dengan kartuaktiva tetap. Penentuan masa manfaat aktiva tetap berwujud sepenuhnya beradapada kebijakan PT PLN Pusat. Prosedur penarikan aktiva tetap berwujud PT PLNDistribusi Jawa Tengah dan DIY harus melalui persetujuan PT PLN Pusat karenakebijakan penarikan aktiva tetap berada sepenuhnya pada PT PLN Pusat.

Hasil kajian semoga dapat bermanfaat bagi PT PLN Distribusi JawaTengah dan DIY agar lebih baik dalam pengelolaan aktiva tetap berwujudterutama dalam sistem penarikan aktiva tetap berwujud. Sebaiknya PT PLNDistribusi Jawa Tengah dan DIY memisah bagian aktiva tetap dari bagianakuntansi, dan memperbaiki kekurangan yang ada, sehingga sistem dan prosedurpengelolaan aktiva tetap berwujud PT PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIYdapat dicontoh instansi yang lain.

Download

Sistem Penarikan Aktiva Tetap Berwujud (Studi Kasus pada PT PLN Distribusi Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta)., 4.8 out of 5 based on 111 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets