Sistem Penataan Arsip Dinamis Aktif Pada Sub Bagian Umum Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Jawa Tengah

This item was filled under [ Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan ekonomi: Sistem Penataan Arsip Dinamis Aktif Pada Sub Bagian Umum Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Jawa Tengah

Sigit Oktavianto. 2005. Skripsi jurusan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Dalam pelaksanaan kegiatan kantor yang semakin maju, arsip sangatberperan penting dalam perjalanan kehidupan suatu kantor oleh karena itu untukmenjaga daur hidup arsip dari mulai penciptaan, penggunaan, pemeliharaan danpemindahan serta pemusnahannya, diperlukan sistem penataan yang baik dan benar.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanapenataan arsip dinamis aktif ?, (2) Langkah-langkah yang dilakukan untuk menataarsip dinamis aktif ?, (3) Kendala-kendala yang dihadapi dalam penataan arsipdinamis aktif ?. Prosedur penelitian bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimanapenataan arsip dinamis aktif. (2) Untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukanuntuk menata arsip dinamis aktif. (3) Untuk mengetahui kendala-kendala yangdihadapi didalam penataan arsip dinamis aktif.\

Lokasi penelitian pada Sub Bagian Umum Dinas Pertanian Tanaman PanganPropinsi Jawa Tengah. Objek kajian dari penelitian ini adalah sistem penataan arsipdinamis aktif. Metode pengumpulan data, Observasi, wawancara, dokumentasi danstudi pustaka, data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis deskriptif.

Secara keseluruhan arsip yang dikelola pada Sub Bagian Umum DinasPertanian Tanaman Pangan Propinsi Jawa Tengah sudah ditata dengan baikmeskipun masih terdapat beberapa kekurangan, sedangkan sistem penyimpanannyamenggunakan sistem pokok masalah atau pokok soal yang masalahnya sudahditentukan oleh instansi tersebut. Langkah-langkah penataan yang dilakukan meliputipengelompokan arsip, pemberian kartu kendali dan penyimpanan arsip. Sedangkankendala yang dihadapi adalah kurangnya SDM, tidak adanya tenaga khusus yangmenangani masalah kearsipan dan kurangnya peralatan.

Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa sistem penataanarsip dinamis aktif pada Sub Bagian Umum Dinas Pertanian Tanaman PanganPropinsi Jawa Tengah sudah ditata dengan baik, akan tetapi belum sempurna karenamasih ada arsip yang hanya dimasukkan tanpa adanya penataan yang baik.

Download

Sistem Penataan Arsip Dinamis Aktif Pada Sub Bagian Umum Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Jawa Tengah, 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets