SISTEM PENGGAJIAN KARYAWAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN KUDUS

This item was filled under [ Pendidikan Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (111 votes cast)

Tugas akhir akuntansi : SISTEM PENGGAJIAN KARYAWAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN KUDUS

Ariek Asriyani, 2005. Skripsi jurusan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Setiap Perusahaan/Badan Usaha selalu membutuhkan faktor tenaga kerjamanusia, dalam hal ini adalah karyawan. PDAM Kabupaten Kudus merupakansuatu BUMD yang bergerak dibidang produksi dan distribusi air minum. Dimanapersoalan tentang penggajian merupakan usaha yang tepat untuk memicu kinerja karyawan dan juga meningkatan kualitas kerja karyawan tersebut. Balas jasa yangiasanya diberikan oleh Perusahaan yaitu berupa gaji. Permasalahan yang dikajidalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana sistem Penggajian Karyawan yangditerapkan pada PDAM Kabupaten Kudus. 2) Unsur-Unsur apa saja yang terkaitdalam sistem penggajian pada PDAM Kabupaten Kudus.

Lokasi kajian dalam penelitian ini adalah di PDAM Kabupaten Kudus yangberlokasi di Jalan Mejobo No 34 Kudus, Kabupaten Kudus. Metode pengumpulandata meggunakan Dokumentasi dan Wawancara (interview). Sedangkan metodeanalisis data yang digunakan adalah Metode Diskriptif Kualitatif.

Hasil penelitian yang diperoleh antara lain : pemaparan tentang unsur-unsuryang terkait dalam sistem penggajian dan bagaimana sistem penggajian yangditerapkan pada PDAM Kabupaten Kudus. Dari hasil penelitian dapat diambilkesimpulan bahwa unsur-unsur yang terkait dalam sistem penggajian pada PDAMKabupaten Kudus meliputi : 1) bagian yang terkait dalam penggajian antara lain ;Bagian personalia, Bagian Pembuat Daftar Gaji, Bagian Keuangan Sub BagianKas, Bagian Pembukuan Sub Bagian Anggaran, Bagian Juru Bayar dan BagianJurnal. 2) dokumen yang digunakan dalam penggajian adalah ; Daftar Hadir/KartuAbsensi, Surat Perubahan Gaji, Daftar Gaji, Kartu Gaji, Voucher Kas Besar(VKB), Amplop Gaji, Rekapitulasi Cuti, Dokumen Pendukung Perubahan Gaji,dan Rekap Daftar Gaji. 3) catatan akuntansi yang digunakan antara lain : JurnalPengeluaran Kas, Buku Besar, Kartu Gaji/Struk Gaji. 4) Prosedur yangmembentuk sistem penggajian pada PDAM Kabupaten Kudus adalah : ProsedurPembuatan Daftar Gaji dan Prosedur Pembayaran Gaji.

Sistem Penggajian Karyawan pada PDAM Kabupaten Kudus harus dilakukanpengawasan dan penanganan yang ketat agar tidak terjadi penyalahgunaan danpenyimpangan dalam pembayaran gaji. Semua bagian-bagian yang terkait harusdapat menjalankan tugas dan wewenang sesuai dengan fungsinya sehingga dalampembayaran gaji dapat berjalan dengan lancar dan baik.

Download

SISTEM PENGGAJIAN KARYAWAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN KUDUS, 4.8 out of 5 based on 111 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets