SITEM PENERIMAAN KAS PADA PD BPR-BKK KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG

This item was filled under [ Pendidikan Ekonomi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (110 votes cast)

Tugas akhir akuntansi : SITEM PENERIMAAN KAS PADA PD BPR-BKK KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG

Emi Wahyuningsih, 2005. Skripsi jurusan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

BPR-BKK merupakan perusahaan daerah yang bergerak dalam bidang jasaperbankan, maksud pendiriannya yaitu sebagai sarana bagi masyarakat untukmenabung atau meminjam dana. PD BPR-BKK Kecamatan Gunungpati KotaSemarang melakukan berbagai transaksi yang berhubungan dengan kegiatankeuangan. Transaksi utama perusahaan adalah memberikan pinjaman dana bagimasyarakat dan menerima tabungan dari masyarakat dalam bentuk setoran tunai. Diantara transaksi tersebut penerimaan tabungan atau dana dari masyarakat dalambentuk setoran tunai adalah transaksi yang sering dilakukan. Dalam penerimaantabungan pada PD BPR-BKK Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, perusahaannmenetapkan suatu kegiatan klerikal yang disebut sistem penerimaan kas. Adapunpermasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah sistem penerimaan kas yangdilaksanakan di PD BPR-BKK Kecamatan Gunungpati Kota Semarang.

Penelitian yang dilakukan di kantor PD BPR-BKK Kecamatan GunungpatiKota Semarang ini, akan mengkaji tentang bagaimana sistem penerimaan kas di PDBPR-BKK Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, khususnya mengenai bagianbagianapa saja yang terlibat, dokumen-dokumen yang digunakan, catatan akuntansiang digunakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metodedokumentasi dan wawancara. Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis denaganmetode analisis deskriptif kualitatif.

Hasil dari penelitian yang penulis lakukan bahwa bagian-bagian yang terlibatdalam Sistem Penerimaan Kas pada PD BPR-BKK Kecamatan Gunungpati KotaSemarang meliputi bagian teller, head teller/cash officer, bagian accounting, danpimpinan perusahaan. Dokumen yang digunakan adalah slip setoran, daftar mutasikas harian kasir, perincian kas, rekapitulasi, nota kredit, master ticket. Catatanakuntansi yang digunakan adalah daftar rekening, rekening koran, dan daftartransaksi harian teller.

PD BPR-BKK Kecamatan Gunungpati Kota Semarang sebagai perusahaanyang melayani masyarakat umum telah memiliki sistem penerimaan kas yangterkontrol dan berdasarkan fakta-fakta yang jelas. Suatu sistem sangat berpengaruhterhadap penyelesaian suatu transaksi oleh karena itu, pemberitahuan tentang sistempenerimaan kas perlu lebih disosialisasikan agar masyarakat tidak merasa khawatirdalam menyimpan uangnya.

Download

SITEM PENERIMAAN KAS PADA PD BPR-BKK KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG, 4.8 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets