Skripsi Sistem Informasi 6

This item was filled under [ Sisitem Informasi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (27 votes cast)

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Akhir – akhir ini pemanasan global tengah menjadi topik pembahasan yang sering dibicarakan masyarakat dunia. Perubahan iklim yang tak menentu juga salah satunya disebabkan oleh ulah manusia dan membutuhkan penanganan secara cepat. Pemanasan global merupakan peningkatan suhu dari permukaan bumi yang disebabkan oleh efek rumah kaca .
Efek rumah kaca menyebabkan terjadinya akumulasi panas di atmosfer bumi. Para ahli mengkawatirkan bahwa kehidupan manusia dan ekosistem alam tidak akan mampu beradaptasi terhadap perubahan iklim yang sangat cepat . Jika suhu di permukaan bumi semakin meningkat dan tidak ada penanganan secara serius, maka akan menyebabkan berbagai masalah seperti musnahnya beranekaragam hayati, meningkatnya frekuensi dan intensitas hujan badai, mencairnya es glasier di kutub, peningkatan ketinggian air laut yang dapat menyebabkan banjir dan daerah menjadi padat dan sesak karena terjadi arus pengungsian . Berdasarkan konsultasi dengan Dinas Lingkungan Hidup, didapat masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui tentang pemanasan global. Atas dasar itu dibuatlah perancangan program sosialisasi pengenalan pemanasan global dan penanggulangannya untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas dengan menggunakan komputer sebagai medianya.
Untuk mendukung rancangan ini, maka dilakukan penyebaran kuesioner terhadap 30 responden yang terdiri dari pengajar taman bermain kartika tangerang, mahasiswa universitas Tarumanagara dan karyawan toko di sekitar pasar lama Tangerang. Berdasarkan hasil kuesioner yang dibagikan didapat hasil bahwa 86,66% orang tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang pemanasan global melalui media komputer daripada dengan buku yang kurang menarik.

1.2. Rumusan Rancangan
Sistem yang akan dirancang merupakan sebuah rancangan program sosialisasi pengenalan Pemanasan global dan penanggulangannya. Sistem ini berisikan tentang penjelasan pemanasan global, penyebab pemanasan global, dampak yang timbul karena Pemanasan global, dan cara menanggulanginya. Sistem ini juga dilengkapi dengan animasi interaktif.
Rancangan ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai Pemanasan global kepada masyarakat umum untuk mengetahui tindakan yang harus dilakukan untuk menanggulangi Pemanasan global. Sistem ini memberikan tampilan yang informatif dan interaktif, dengan tujuan agar informasi yang ingin disampaikan kepada pengguna dapat dipahami dan dimengerti oleh pengguna program ini.
Perancangan ini dibuat dengan menggunakan Adobe Flash 8 sehingga menghasilkan tampilan yang user friendly. Selain itu untuk membantu pengolahan suara pada rancangan ini, digunakan aplikasi Nero Wave Editor.

1.3. Batasan Rancangan
Rancangan pengenalan pemanasan global dan penanggulangannya ini memiliki batasan yaitu pengenalan pemanasan global, akibat yang ditimbulkan dan cara untuk menanggulanginnya. Perancangan ini menggunakan referensi dari buku dengan judul ”Akankah Indonesia Tenggelam Akibat Pemanasan Global” karangan Gatut Susanta dan Hari Sutjahjo, ”Global Warming Mengancam Keselamatan Planet Bumi” karangan Agus R. Dan Rudy S serta konsultasi langsung dengan H.Pipin Samsularifin,ST selaku Kepala Bidang Konservasi dan Pengendalian Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Tangerang.
Pada rancangan ini digunakan gambar, teks, animasi, suara dan video secara interaktif.

1.4. Spesifikasi Rancangan
Perancangan program sosialisasi pengenalan pemanasan global dan penanggulangannya terdiri dari modul – modul sebagai berikut :
1. Modul Splash Screen
Modul ini merupakan tampilan awal dari program ini.
2. Modul Menu Utama
Modul ini merupakan tampilan utama dari perancangan program ini yang berisikan pilihan yang dapat ditentukan oleh pengguna, yaitu Pengenalan Pemanasan global, Dampak Pemanasan global, Penanggulangan Pemanasan global, Game, Help dan Exit.
3. Modul Pengenalan Pemanasan global
Modul ini berisikan penjelasan tentang Pemanasan global dan apa yang menjadi penyebab terjadinya Pemanasan global. Dalam modul ini terdapat sub modul pengertian pemanasan global dan penyebab pemanasan global.
a. Sub modul Pengertian Pemanasan global
Sub modul ini berisi penjelasan tentang pemanasan global.
b. Sub modul Peyebab Pemanasan global
Sub modul ini berisi penjelasan yang menyebabkan terjadinya pemanasan global.
4. Modul Dampak Pemanasan global
Modul ini berisikan tentang dampak yang ditimbulkan dari Pemanasan global. Dalam modul ini terdapat sub modul pengaruh cuaca, permukaan laut, pertanian, hewan dan tumbuhan, kesehatan manusia.
a. Sub Modul Pengaruh cuaca
Dalam sub modul ini dijelaskan pengaruh cuaca yang disebabkan karena pemanasan global.
b. Sub Modul Permukaan laut
Dalam sub modul ini dijelaskan apa yang terjadi pada permukaan laut yang dikarenakan pemanasan global.
c. Sub Modul Pertanian
Dalam sub modul ini dijelaskan pengaruh pemanasan global terhadap sektor pertanian.
d. Sub Modul Hewan dan Tumbuhan
Dalam sub modul ini dijelaskan pengaruh pemanasan global terhadap hewan dan tumbuhan yang ada di bumi.
e. Sub Modul Kesehatan Manusia
Dalam sub modul ini dijelaskan tentang pengaruh pemanasan global pada kehidupan manusia.
5. Modul Penanggulangan Pemanasan global
Modul ini membahas bagaimana menanggulangi pemanasan global. Dalam Modul ini terdapat sub modul makanan dan minuman, di rumah, dalam pekerjaan, dalam perjalanan, mengemudi, elektronik dan alat kebersihan.
a. Sub Modul Makanan dan Minuman
Dalam sub modul ini dijelaskan tentang konsumsi makanan dan minuman yang aman dipergunakan dan ramah lingkungan.
b. Sub Modul Di Rumah
Dalam sub modul ini dijelaskan apa yang perlu dilakukan untuk menanggulangi pemanasan global pada saat di rumah.
c. Sub Modul Dalam Pekerjaan
Dalam sub modul ini dijelaskan apa yang perlu dilakukan untuk menanggulangi pemanasan global pada saat berada dalam lingkungan pekerjaan.
d. Sub Modul Dalam Perjalanan
Dalam sub modul ini dijelaskan apa yang perlu dilakukan untuk menanggulangi pemanasan global pada saat dalam perjalanan.
e. Sub Modul Mengemudi
Dalam sub modul ini dijelaskan apa yang perlu dilakukan untuk menanggulangi pemanasan global pada saat mengendarai kendaraan.
f. Sub Modul Elektronik
Dalam sub modul ini dijelaskan apa yang perlu dilakukan pada benda elektronik untuk menanggulangi pemanasan global.
g. Sub Modul Alat kebersihan
Dalam sub modul ini dijelaskan cara penggunaan alat kebersihan untuk menanggulangi pemanasan global.
6. Modul Game
Modul ini berisikan permainan yang disajikan secara interaktif yang berkaitan dengan pemanasan global. Dalam modul ini terdapat sub modul cara bermain dan bermain.
a. Sub Modul Tutorial Game
Dalam sub modul ini dijelaskan tentang cara bagaimana untuk memulai permainan.
b. Sub Modul Play Game
Dalam sub modul ini berisi permainan yang berhubungan dengan pemanasan global.
7. Modul Help
Modul ini berisikan cara – cara menggunakan program ini.
8. Modul Exit
Modul ini merupakan modul untuk keluar dari program.

1.5. Kegunaan Rancangan
Rancangan program pengenalan pemanasan global dan penanggulangannya berbasis multimedia ini dirancang untuk dapat digunakan oleh masyarakat umum.
Rancangan ini juga diharapkan dapat membantu masyarakat mengetahui tentang pemanasan global dengan mudah dimengerti. Selain itu masyarakat dapat mengetahui dampak dari pemanasan global serta mengetahui penanggulangan yang dapat dilakukan untuk mengurangi pemanasan global.

Untuk mendownload silakan klik link di bawah ini
Download di sini

Skripsi Sistem Informasi 6, 4.9 out of 5 based on 27 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets