SKRIPSI TEKNIK ELEKTRO 7

This item was filled under [ Teknik elektro ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.7/5 (126 votes cast)

SKRIPSI TEKNIK ELEKTRO


Di era yang semakin modern ini, perkembangan teknologi semakin pesat, seluruh kehidupan manusia sudah berhubungan dengan mesin – mesin otomatis. Mesin – mesin tersebut lama kelamaan akan menggantikan kerja manusia sehingga diharapkan dengan teknologi kehidupan manusia akan lebih dipermudah.

Demikian pula didunia industri, untuk meningkatkan hasil produksi dari industri, mereka mempergunakan mesin – mesin listrik dengan kapasitas tenaga yang besar dan membutuhkan konsumsi energi listrik yang lebih besar umumnya menggunakan energi listrik sistem tiga fasa. Penggunaan sistem listrik tiga fasa memberikan banyak keuntungan seperti: konstruksi peralatan listrik yang lebih sederhana, pengoperasian dan perawatan mesin lebih mudah, pada kapasitas yang sama unit lebih kecil sehingga lebih efisien.
Pada sistem tenaga listrik tiga fasa, daya yang dibangkitkan, disalurkan dan didistribusikan menggunakan sistem yang seimbang. Jumlah daya yang diserap oleh beban listrik tiga fasa diperoleh dengan menjumlahkan daya dari tiap – tiap fasanya. Pada sistem yang seimbang, daya total tersebut sama dengan tiga kali daya pada satu fasanya, dengan asumsi daya pada tiap fasa sama, tapi itu berdasarkan teori, secara kenyataan mesin – mesin listrik yang mengkonsumsi daya berbeda – beda tiap fasanya tergantung pada kondisi dari mesin listriknya.

Semakin baik mesin listrik tersebut maka konsumsi daya tiap fasanya hampir sama sehingga mesin listrik tersebut dapat bekerja secara maksimal tiap fasanya. Sebagai contoh, mesin Air Conditioning tiga fasa menyerap arus pada fasa R = 20 A; S = 19,5 A; T = 20,25 A. Ini menandakan kondisi mesin masih baik, sehingga menyerap energi listrik yang hampir seimbang, sehingga mesin bekerja secara optimal. Contoh lain, AC menyerap arus pada fasa R = 23A; S = 17 A; T = 19 A. Jelas terlihat bahwa selisih konsumsi arus sangat besar, sehingga ada fasa yang sudah bekerja maksimal, tapi ada fasa yang bekerja kurang optimal, apabila dibebani yang lebih besar lagi maka fasa yang mengkonsumsi arus yang lebih besar, dan dapat membahayakan mesin tersebut.
Selain gangguan yang berasal dari mesin, terdapat pula gangguan – gangguan yang berasal dari luar yang menyebabkan sistem tenaga listrik tiga fasa menjadi terganggu. Gangguan – gangguan tersebut dapat diakibatkan oleh hubung singkat, penghantar – penghantar yang terbuka atau kegagalan fasa, perubahan suplai tegangan, dan perbedaan suplai tegangan tiap fasa. Dipandang dari sisi keselamatan kerja dan keandalan sistem pada peralatan yang menggunakan sistem tenaga listrik tiga fasa, maka sangat diperlukan pengamanan peralatan tiga fasa dari gangguan – gangguan tersebut.
Berkaitan dengan agar peralatan air conditioning tiga fasa dapat bekerja dengan optimal dan terlindung dari berbagai gangguan maka sangat diperlukan pengkajian suatu alat pengaman yang dapat mengkompensasi bahwa peralatan selalu mendapatkan suplai tegangan yang seimbang sekaligus

mampu mengidentifikasi kondisi membahayakan dan mengamankan peralatan yang dilindunginya. Pengkajian ini dipandang perlu karena selama ini pengaman beban tiga fasa yang ada hanya mampu mendeteksi keseimbangan suplai tegangan, dan mendeteksi arus lebih secara terpisah.
Penulis merancang sebuah alat pengaman yang mampu mendeteksi keseimbangan suplai tegangan, kegagalan fasa, ketidakseimbangan arus beban, arus lebih, tegangan lebih dan tegangan kurang. Prinsip alat pengaman ini adalah membandingkan besarnya arus beban yang mengalir pada tiap fasa.

untuk mendownoad silahkan klik link di bawah ini

Download di sini

SKRIPSI TEKNIK ELEKTRO 7, 4.7 out of 5 based on 126 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets