STABILISASI TANAH LEMPUNG PURWODADI DENGAN MENGGUNAKAN ABU BATUBARA DAN KAPUR DITINJAU DARI NILAI CBR DAN SWELLING

This item was filled under [ Teknik Sipil ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (29 votes cast)

skripsi JURUSAN TEKNIK SIPIL: STABILISASI TANAH LEMPUNG PURWODADI DENGAN MENGGUNAKAN ABU BATUBARA DAN KAPUR DITINJAU DARI NILAI CBR DAN SWELLING

FERA YULIANTI. 2006. Skripsi. JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2006

Hampir sepanjang jalan di daerah Purwodadi mengalami kerusakan jalan yang cukup parah. Pihak Bina Marga seringkali melakukan perbaikan pada lapis perkerasan kontruksi jalan tersebut tetapi usaha yang dilakukan oleh pihak Bina Marga belum dapat mengatasi kerusakan jalan tersebut. Kerusakan yang terjadi diduga akibat tanah dasar (Subgrade) tidak mampu mendukung beban kendaraan diatasnya. Tanah dasar daerah Purwodadi merupakan jenis tanah yang bergradasi halus dengan jenis tanah lempung yang mempunyai kembang-susut yang sangat besar bila terjadi perubahan kadar air.

Pengembangan pada tanah lempung dapat dikendalikan dengan cara stabilisasi. Tujuan dilakukan satbilisasi tanah lempung adalah untuk meningkatkan kemampuan fisis dan mekanis tanah. Keberhasilan usaha ini tergantung dari metode, bahan serta alat yang digunakan. Dalam mengklasifikasikan data digunakan metode ASTM. Diharapkan stabilisasi tanah lempung dengan kapur dan abu batubara dapat memberikan alternatif pemecahan yang efisien dan ekonomis. Pemakaian kapur sebagai bahan stabilisasi dimaksudkan untuk menghasilkan pemadatan maksimum dan kapur menghasilkan penurunan indeks plastisitas. Sedangkan abu abubara yang merupakan suatu pozolan buatan yang akan bereaksi secara kimiawi dengan kalsium silikat dan kalsium aluminat hidrat yang bersifat hidrolis.
Usaha stabilisasi tanah lempung Purwodadi dengan campuran abu batubara dan kapur pada penelitian ini terjadi gejala perbaikan sifat-sifat fisik tanah yang ditunjukan dengan penurunan batas cair dari 68.05% menjadi 39.02%, penurunan indeks plastisitas dari 34.77% menjadi 9.66%, dan adanya penurunan kadar lempung dari 92.9% menjadi 80.50%, pada pengujian CBR terjadi kenaikan nilai CBR dari 3.56% menjadi 36.19%, dan juga terjadi penurunan nilai swelling dari 2.93% menjadi 0.14%. dari hsil tersebut menujukan adanya perbaikan dengan menstabilisasikan tanah Purwodadi dengan campuran abu batubara dan kapur.
Dari pengujian CBR dihasilkan nilai optimum abu batubara sebesar 3.98% dengan campuran kapur 8%.

Download

STABILISASI TANAH LEMPUNG PURWODADI DENGAN MENGGUNAKAN ABU BATUBARA DAN KAPUR DITINJAU DARI NILAI CBR DAN SWELLING, 4.9 out of 5 based on 29 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets